Ermi, Ermi (2024) Peran guru bimbingan konseling melalui layanan informasi dalam mengatasi perilaku bullying di SMA / SMK se Kecamatan Mentok Bangka Barat tahun 2024. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL - 228101042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I - 228101042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (394kB) | Request a copy
BAB II - 228101042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (466kB) | Request a copy
BAB III - 228101042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (472kB) | Request a copy
BAB IV - 228101042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (502kB) | Request a copy
BAB V - 228101042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (297kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA - 228101042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (366kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Bullying merupakan tindakan menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik, maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan, trauma, dan tak berdaya. Remaja yang menjadi korban bullying lebih berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru bimbingan konseling dalam memberikan layanan informasi untuk mengatasi perilaku bullying dikalangan siswa SMA/SMK se-Kecamatan Mentok, Bangka Barat, pada tahun 2024. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data dari wawancara dengan guru bimbingan konseling, siswa, dan orang tua, serta observasi langsung di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan konseling berperan aktif dalam memberikan informasi edukatif, membangun kesadaran, dan mengembangkan program intervensi yang melibatkan seluruh komunitas sekolah. Peran guru bimbingan konseling sangat krusial dalam mengurangi perilaku bullying dan membentuk karakter positif generasi Z di sekolah. upaya penguatan layanan bimbingan konseling, seperti pelatihan bagi guru, pengembangan modul bimbingan yang relevan, serta kolaborasi dengan orang tua dan masyarakat.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Keywords: | Bullying, Peran Guru BK, Layanan Informasi |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Selpi Egitya |
| Date Deposited: | 15 May 2025 03:37 |
| Last Modified: | 15 May 2025 03:37 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3114 |
