Albulqoini, M. Jalaludin (2025) Strategi produksi program dakwah hikmah senja live dari Masjid Qubah Timah Selama Ramadhan 1445 H di SQ Radio Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2122036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2122036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (559kB) | Request a copy
BAB II_2122036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (943kB) | Request a copy
BAB III_2122036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (831kB) | Request a copy
BAB IV_2122036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V_2122036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (656kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (512kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian dengan judul “STRATEGI PRODUKSI PROGRAM DAKWAH “HIKMAH SENJA LIVE DARI MASJID QUBAH TIMAH” SELAMA RAMADHAN 1445 H. DI SQ RADIO PANGKALPINANG oleh; M. Jalaludin Albulqoini, 2122036, Program Studi; Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam. ini membahas tentang strategi program yang digunakan SQ Radio Pangkalpinang dalam memproduksi tayangan diprogram dakwah, faktor pendukung dan penghambat produksi program Hikmah Senja Live dari Masjid Qubah Timah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Metode pengambilan data menggunakan wawancara dengan produser, penyiar dan pembawa acara program selama live. Tujuan dari penelitian ini: Untuk mendeskripsikan tentang bagaimana strategi produksi program Hikmah Senja live dari masjid qubah timah selama ramdhan 1445 H. Di SQ Radio Pangkalpinang.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: strategi produksi yang diterapkan oleh tim SQ Radio Pangkalpinang dalam program “Hikmah Senja” meliputi: (1) Strategi produksi yang mencakup strategi yang digunakan untuk menarik minat pendengar terkait pesan-pesan dakwah yang disampaikan; (2) Pra Produksi yaitu perencanaan tema, penyusunan jadwal, koordinasi dengan narasumber, dan survei lokasi; (3) Pelaksanaan produksi yang menekankan pada kesiapan teknis siaran langsung di luar studio, penataan audio, dan improvisasi penyiar dalam membangun suasana spiritual; serta (4) pasca produksi berupa evaluasi harian, serta pengarsipan harian. Selain itu, strategi produksi program dakwah hikmah senja live dari masjid qubah timah selama ramadhan 1445 H. Di SQ Radio Pangkalpinang, dari penelitian ini adalah bahwa; mengenai menarik pendengar dikarenakan para pematerinya orang-orang yang dikenal oleh masyarakat dan orang-orang ternama akan keilmuannya juga, pastinya orang-orang akan lebih mudah untuk minat untuk mendengarnya. Strateginya itu pertama harus memudahkan akses kepada pendengar, seperti melalui radio maupun media sosial denga jaringan yang lancar. Sepanjang bulan Ramadan, acara Hikmah Senja SQ Radio telah menggunakan teknik produksi siaran yang relevan dan sukses, terutama dengan: Memilih tema-tema Islam tertentu untuk bulan Ramadan Sebuah presentasi yang beragam dan mudah dipahami Waktu siaran strategis. Untuk program Hikmah Senja sendiri adalah salah satu program yang ada di SQ Radio yang diselenggarakan pada sore hari atau menjelang maghrib, dan diangkat oleh tim masjid qubah timah untuk dijadikan program talkshow untuk selama bulan ramadhan. Terkait langkah-langkah nya mulai dari diberitahu rundown acaranya seperti waktu mulainya, waktu pemateri dan waktu sesi-sesi lainnya, serta skrip yang akan dipaparkan ketika acara sedang berlangsung. Sedangkan, untuk kendala yang ada yaitu perihal masalah ketetapan waktu yang tidak sesuai dengan rundown yang telah ditentukan, dengan demikian masalah tersebut menjadi bahan untuk evaluasi disetiap episode ketika acara selesai, guna untuk lebih baik di episode selanjutnya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | strategi produksi; program dakwah; siaran langsung; ramdhan; radio |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | Unnamed user with email hakimuham3@gmail.com |
| Date Deposited: | 15 May 2025 04:42 |
| Last Modified: | 15 May 2025 04:42 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3111 |
