Fitriana H, Bella (2025) Pengaruh digital payment dan e-commerce terhadap pendapatan usaha Mikro Kecil Menengah: studi pada UMKM Kecamatan Sungailiat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2131090.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
BAB I_2131090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (173kB) | Request a copy
BAB II_2131090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (305kB) | Request a copy
BAB III_2131090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (305kB) | Request a copy
BAB IV_2131090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (963kB) | Request a copy
BAB V_2131090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (188kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2131090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (195kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Perekonomian global saat ini mengalami transformasi yang pesat, seiring dengan kemajuan teknologi digital yang merubah cara bertransaksi, berbelanja dan berbisnis. Salah satu bentuk revolusi digital yang paling mencolok yaitu munculnya digital payment dan e-commerce yang mengubah cara konsumen dan pemilik usaha melakukan transaksi dan berinteraksi. Pada penelitian terdahulu, digital payment dan e-commerce berpengaruh terhadap pendapatan UMKM di Kota - Kota Besar. Sedangkan Kecamatan Sungailiat merupakan kota kecil yang berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mempunyai 3.926 UMKM. Pelaku UMKM di Kecamatan Sungailiat sebagian besar sudah menggunakan digital payment dan e-commerce sebagai media untuk mengembangkan usaha mereka. Namun, ada pula yang belum menggunakan dikarenakan tidak paham dan sering terjadi pada pelaku UMKM yang usianya sudah berumur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh digital payment dan e-commerce terhadap pendapatan UMKM Kecamatan Sungailiat.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden dan diperoleh sampel sebanyak 98 orang. Sedangkan analisis data yang digunakan terdiri dari uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikoliniearitas, heteroskedasitas dan autokorelasi), uji regresi linear berganda dan uji hipotesis (uji t, uji f dan determinasi koefesien R2)
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel digital payment berpengaruh terhadap pendapatan UMKM dengan hasil nilai thitung 3,628 > ttabel 1,661 dengan nilai sign 0,000 < 0,10. Pada variabel e-commerce menunjukan bahwa secara parsial berpengaruh terhadap pendapatan UMKM dengan hasil nilai thitung 3,646 > ttabel 1,661 dengan nilai sign 0,000 < 0,10. Sedangkan secara simultan variabel digital payment dan e-commerce berpengaruh terhadap pendapatan UMKM dengan hasil nilai Fhitung 41,551 > Ftabel 3,09 dengan nilai sign 0,000 < 0,10.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | digital payment; e-commerce:pendapatan; UMKM |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Bella Fitriana H |
| Date Deposited: | 20 May 2025 06:38 |
| Last Modified: | 20 May 2025 06:38 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3109 |
