Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Menemukan bentuk komunikasi verbal dan nonverbal guru kepada siswa SMA penyandang tunarungu di Sekolah Luar Biasa SLB Negeri Pangkalpinang tahun 2022

Anggraini, Saskiya (2023) Menemukan bentuk komunikasi verbal dan nonverbal guru kepada siswa SMA penyandang tunarungu di Sekolah Luar Biasa SLB Negeri Pangkalpinang tahun 2022. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Awal_Skripsi_1922041[1].pdf] Text
Awal_Skripsi_1922041[1].pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB)
[thumbnail of BAB_I_1922041[1].pdf] Text
BAB_I_1922041[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB_2_1922041[1].pdf] Text
BAB_2_1922041[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB_3_1922041[2].pdf] Text
BAB_3_1922041[2].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (469kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB_4_1922041[1].pdf] Text
BAB_4_1922041[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB_5_1922041[1].pdf] Text
BAB_5_1922041[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar_Pustaka_1922041[1].pdf] Text
Daftar_Pustaka_1922041[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini mengkaji mengenai bentuk komunikasi, baik itu komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal yang digunakan guru dalam mengajar anak berkebutuhan khusus tunarungu tingkat SMA di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pangkalpinang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal yang dilakukan guru, baik guru khusus tunarungu maupun guru mata pelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas demi memberikan pendidikan kepada peserta didik tunarungu. Peneliti tertarik dan ingin mengetahui bagaimana bentuk kedua komunikasi ini digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa tunarungu dalam aktivitas belajar mengajar di kelas tunarungu.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif, yang mana hasilnya diperoleh melalui metode wawancara mendalam kepada para guru dan siswa yang menjadi objek penelitian, metode observasi berupa pengamatan saat sedang berlangsungnya interaksi belajar mengajar di kelas, yang dilakukan sendiri oleh peneliti, dan di perkuat dengan metode pengumpulan data yang diperoleh peneliti secara langsung dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pangkalpinang tersebut. Waktu yang dilaksanakan penelitian pada bulan Mei, Juni, dan Desember dalam mengumpulkan hasil yang relevan
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi yang digunakan guru dalam memberikan pelajaran kepada siswa tunarungu menggunakan bentuk komunikasi verbal seperti berbicara, mendengar, menulis, serta membaca. Dan komunikasi nonverbal seperti, kinesik, sentuhan, kronemik, proksemix, dan vokal (Paralanguage). Dominan komunikasi yang digunakan antara kedua komunikasi tersebut adalah komunikasi nonverbal bentuk kinesik. Saran peneliti untuk beberapa pihak seperti guru di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pangkalpinang untuk tetap semangat dalam memberikan pendidikan kepada siswa didik di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pangkalpinang tersebut. Untuk orang tua siswa tetaplah menjalin kerjasama dengan guru mengenai perkembangan anak-anak untuk pencapaian proses belajar mengajar yang lebih baik, dan untuk pemerintah ataupun dinas pendidikan sebaiknya menyediakan pelatihan mengenai bahasa isyarat bagi guru yang akan mengajar siswa tunarungu sehingga guru mempunyai bekal mengenai komunikasi anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: komunikasi verbal; komunikasi nonverbal; tunarungu; slb negeri pangkalpinang
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Inklusi
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Tugas Akhir
Depositing User: Saskiya Anggraini
Date Deposited: 03 May 2023 07:30
Last Modified: 03 May 2023 07:30
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item
View Item