hiDAYAH, Bidayatul (2021) Penerapan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMK Negeri 1 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _1511025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _1511025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (382kB)
BAB II _1511025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (370kB)
BAB III _1511025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (256kB)
BAB IV_1511025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (262kB)
BAB V _1511025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (92kB)
DAFTAR PUSTAKA _1511025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (296kB)
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan merupakan proses penting dalam kehidupan manusia. Guru berkewajiban untuk mendidik generasi penerus khususnya dalam pendidikan Islam, melalui pembelajaran yang aktif. Pembelajaran yang aktif diciptakan guru melalui cara guru menyampaikan pembelajaran seperti model pembelajaran khususnya. Maka terbentuklah dalam penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui apa pertimbangan guru dalam menetapkan model pembelajaran discovery learning dan bagaimana penerapan model discovery learnig pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Mendo Barat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari informan yaitu dari guru pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Mendo Barat. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi guna untuk mengumpulkan data yang berhubungan dengan tujuan dari penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Negeri 1 Mendo Barat perlu memperhatikan tujuan yang ingin dicapai, materi pembelajran, dan peserta didik serta pertimbangan lainnya yang bersifat nonteknis. Penerapan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Mendo Barat diterapkan sesuai tindakan dan prosedur yang telah ditetapkan. Penerapan model pembelajaran tersebut diterapkan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan agar tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | : model pembelajaran; discovery learning; dan pembelajaran pendidikan agama islam |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hilda Aryani |
| Date Deposited: | 05 May 2025 06:57 |
| Last Modified: | 05 May 2025 06:57 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3030 |
