Jamania, Jamania (2023) Analisis strategi pemasaran produk cicilan emas : Studi pada Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1831070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (3MB)
BAB 1_1831070.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (543kB) | Request a copy
BAB 2_1831070.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (471kB) | Request a copy
BAB 3_1831070.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (362kB) | Request a copy
BAB 4_1831070.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (493kB) | Request a copy
BAB 5_1831070.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (286kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1831070.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (421kB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan perbankan syariah di Indonesia semakin meningkat, hal ini yang menyebabkan persaingan semakin ketat. Terjadinya persaingan tersebut mengharuskan bank untuk gencar dalam memasarkan produknya, sehingga untuk menjaga eksistensi produknya, Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan pemasaran ini agar masyarakat mengetahui dan mengenal produk perbankan mengingat karena masyarakat kurang memahami akan produk cicil emas yang baik sebagai sarana investasi.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah penyelia unit pembiayaan dan asisten administrasi pembiayaan marketing Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk cicilan emas dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pemasaran produk cicilan emas di Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang meliputi strategi produk yang ditawarkan dengan manfaat sebagai sarana investasi, harga ditetapkan pada saat akad dengan margin yang murah, tempat atau lokasi bank yang strategis berada di pusat kota, promosi yang dilakukan di dalam maupun di luar. Menggunakan segmentation, targeting, positioning. Setelah melakukan penerapan strategi pemasaran Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang juga menerapkan penerapan syariah yang terdiri dari teistis, etis, realitis, humanistis. Penerapan tersebut sangat signifikan terhadap perkembangan Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang untuk membangun hubungan dengan nasabah dalam jangka panjang dengan pemilihan yang secara selektif dan lebih meningkatkan perkembangan kemampuan karyawan dalam meyakinkan masyarakat agar mempercayai industri perbankan syariah, sehingga perbankan syariah menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi Pemasaran; Produk Cicilan Emas; Pengetahuan |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Jamania Jamania |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 05:00 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 05:00 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/303 |