Sodikin, Fajar (2024) Pengaruh layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan tanggung jawab belajar peserta didik Kelas XI SMAN 2 Mendo Barat, Kabupaten Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1915024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _1915024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (561kB) | Request a copy
BAB II_1915024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (512kB) | Request a copy
BAB III_1915024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (665kB) | Request a copy
BAB IV_1915024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (596kB) | Request a copy
BAB V_1915024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (391kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1915024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (306kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini berangkat dari pemahaman peneliti terkait dengan
tanggung jawab belajar peserta didik di SMAN 2 Mendo Barat, Kabupaten
Bangka. Studi ini berupaya mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan tanggung jawab belajar peserta didik.
Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif asosiatif
kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI
SMAN 2 Mendo Barat yang berjumlah 121 peserta didik. Sedangkan sampel
yang diambil sebanyak 30 peserta didik dengan teknik simple random
sampling.
Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan angket.
Angket sebelumnya sudah diuji cobakan menggunakan uji validitas dan
reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis,
uji hipotesis dan uji regresi linear sederhana.
Penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari layanan bimbingan
klasikal untuk meningkatkan tanggung jawab belajar peserta didik.
Pengambilan keputusan dalam uji regresi ini salah satunya dengan
membandingkan nilai signifikansi dengan nilai probabilitas pada penelitian ini adalah 0,05. Maka dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Jika nilai sig < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jika nilai sig > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak.Besar pengaruh layanan bimbingan klasikal sebesar 76,9%
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | bimbingan klasikal; tanggung jawab belajar. |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Fajar Sodikin |
| Date Deposited: | 30 Apr 2025 02:25 |
| Last Modified: | 30 Apr 2025 02:25 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3023 |
