Aditiya, Ferdy (2025) Implementasi layanan konseling individu dengan pendekatan solution focused brief counseling (SFBC) dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK Negeri 2 Kota Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2121044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2121044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (590kB) | Request a copy
BAB II_2121044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (494kB) | Request a copy
BAB III_2121044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (456kB) | Request a copy
BAB IV_2121044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (902kB) | Request a copy
BAB V_2121044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (434kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2121044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (405kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi layanan konseling individu dengan pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK Negeri 2 Kota Pangkalpinang, serta untuk mengetahui hasil layanan konseling individu dengan pendekatan tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kedisiplinan siswa dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran dan pembentukan karakter yang baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru BK Teknik Otomotif dan 9 siswa yang menjadi klien dalam layanan konseling individu dengan pendekatan solution focused brief counseling (SFBC) di SMK Negeri 2 Kota Pangkalpinang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi layanan konseling individu dengan pendekatan SFBC dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu membangun hubungan konseling, menentukan tujuan yang spesifik, menggali potensi dan keberhasilan sebelumnya, serta merancang langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Pendekatan SFBC membantu siswa fokus pada solusi dan potensi positif yang dimiliki, sehingga siswa lebih termotivasi untuk berubah dan memperbaiki perilaku mereka.
Secara keseluruhan, proses konseling telah membuktikan bahwa konseling dengan pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) membantu siswa mengembangkan sikap disiplin yang lebih baik. Peningkatan tersebut tidak hanya berdampak pada aspek akademis, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan karakter siswa yang lebih positif, menciptakan lingkungan sekolah yang lebih tertib dan mendukung proses belajar mengajar. Dengan demikian, konseling menjadi alat yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa dalam menghadapi tantangan di sekolah dan kehidupan sehari-hari.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | implementasi; konseling individu; solution focused brief counseling; kedisiplinan; siswa |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.5 Disiplin Sekolah dan Aktivitas yang Berkaitan |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | Ferdy Aditiya |
| Date Deposited: | 29 Apr 2025 06:11 |
| Last Modified: | 17 Aug 2025 02:07 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3019 |
