Munawwaroh, Annisa (2021) Pengaruh penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca surat-surat pendek pada peserta didik kelas II SDIT Nabawi Daarul Mahabbah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1711018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _1711018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (264kB)
BAB II_1711018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (345kB)
BAB III _1711018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (328kB)
BAB IV _1711018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (328kB)
BAB V_1711018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (66kB)
DAFTAR PUSTAKA _1711018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (162kB)
Abstract
INDONESIA:
Salah satu faktor yang menjadikan rendahnya kemampuan peserta didik
dalam membaca surat-surat pendek pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI). Untuk meningkatkan kemampuan membaca surat-surat pendek padapeserta didik hendaknya pendidik dapat menerapkan metode baru seperti metode Ummikarena dengan digunakannya metode tersebut diharapkan dapatmeningkatkankemampuan membaca surat-surat pendek pada peserta didik sesuaidengan kaidah yang telah ditentukan. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT NabawiDaarul Mahabbah pada bulan Februari 2021. Metode penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan NonequivalenControl Group Design. Sampel penelitiannya berjumlah sebanyak 13 peserta didik pada masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Ummi
terhadap kemampuan membaca surat-surat pendek pada peserta didik kelas II SDIT Nabawi Daarul Mahabbah menunjukan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol variabel X pretest kelas eksperimen (69,76), posttest kelas eksperimen (82,53), sedangkan pretest kelas kontrol (66,84), posttest kelas kontrol (73,23). Variabel Y pretest kelas eksperimen (68,38), posttest kelas eksperimen (82,46), sedangkan pretest kelas kontrol (66,69), posttest kelas kontrol (73,46).
Hasil yang diperoleh dari penelitian pengaruh penerapan metode Ummi
terhadap kemampuan membaca surat-surat pendek pada peserta didik kelas II SDIT Nabawi Daarul Mahabbah, sesuai dengan hasil uji hipotesis menggunakanbantuan softwareSPSS 16 diperoleh data Sig <α yaitu 0,007 < daripada 0,05 untuk varibel X dan 0,010 < daripada 0,05 untuk variabel Y. Artinya H0 ditolak dan Hαditerima. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Surat-Surat Pendek Pada Peserta Didik Kelas II SDIT Nabawi Daarul Mahabbah
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | metode ummi; kemampuan membaca surat-surat pendek. |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hilda Aryani |
| Date Deposited: | 29 Apr 2025 03:50 |
| Last Modified: | 29 Apr 2025 03:50 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3013 |
