Nila, Nila (2025) Urgensi pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SD Negeri 14 Parittiga. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011101.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (503kB) | Request a copy
BAB II_2011101.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (559kB) | Request a copy
BAB III_2011101.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (300kB) | Request a copy
BAB IV _2011101.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_2011101.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (156kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011101.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (401kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya kesadaran peserta didik dalam beribadah dan perilaku yang kurang sopan di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian yaitu: (1) mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SD Negeri 14 Parittiga, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat, (3) mengetahui urgensi pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter religius, dan (4) mengetahui strategi untuk meningkatkan efektivitasnya.
Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini melibatkan guru PAI, kepala sekolah, dan peserta didik sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan PAI di SD Negeri 14 Parittiga terdiri dari tiga tahap sistematis: perencanaan (perancangan modul ajar yang mengintegrasikan nilai-nilai agama), pelaksanaan (kegiatan rutin seperti shalat berjamaah, pembacaan Al-Qur'an sebelum belajar, yasin setiap kamis) dengan media pembelajaran dan metode bervariasi, serta evaluasi terhadap perubahan perilaku dan pemahaman agama peserta didik. Faktor pendukung meliputi kualitas tenaga pengajar kompeten, mayoritas peserta didik beragama Islam, dan fasilitas memadai. Faktor penghambat mencakup rendahnya keterlibatan orang tua, kurangnya motivasi sebagian peserta didik, dan keterbatasan waktu. Urgensi PAI sangat besar dalam pembentukan karakter religius seperti kedisiplinan, kesopanan, tanggung jawab, dan toleransi. Rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas PAI meliputi peningkatan keterlibatan orang tua melalui pertemuan rutin, pengembangan metode pengajaran yang lebih menarik dengan teknologi, serta konsistensi dalam program pembiasaan dan ekstrakurikuler keagamaan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pendidikan agama islam; karakter religius |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Nila Nila |
| Date Deposited: | 28 Apr 2025 05:18 |
| Last Modified: | 28 Apr 2025 05:18 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3006 |
