Andri, Andri (2021) Dinamika Pendidikan Islam terhadap penguatan kurikulum pendidikan agama di SMP IT Pondok Pesantren Daarul Abror Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_ 1411034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1411034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (149kB)
BAB II_1411034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (192kB)
BAB III_1411034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (125kB)
BAB IV_1411034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (202kB)
BAB V _1411034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (67kB)
DAFTAR PUSTAKA_1411034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (86kB)
Abstract
INDONESIA:
Pondok Modern Daarul Abror adalah pesantren yang berbasis keilmuan pendidikannya pembelejaran Islam, yang tentunya tidak stagnan dalam berdinamika (dinamis) namun lebih kearah kemajuan seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi, pendidikan Islam berarti sistem pendidikan yang dapat memberikan kemampuan seseorang untuk memimpin kehidupannya sesuai dengan cita-cita dan nilai Islam yang telah menjiwai dan mewarnai corak kepribadiannya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang bertujuan memberikan laporan hasil penelitian dengan mendeskripsikan data yang diperoleh dari teknik pengumpulan data yang digunakan penulis berupa, wawancara testruktur, observasi non partisipatif, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data melalui tiga tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah penerapan pendidikan agama Islam yang lebih menekankan kepada tentang nilai dan karakteristik pelajaran agama Islam tidak terkecualikan Bahasa Arab yang merupakan keunggulan tersendiri bagi Pondok Modern Daarul Abror, namun lebih mengarah kepada kurikulum Gontor yang dijadikan pondok sebagai kurikulum terpadu, yang artinya diracik sendiri oleh pesantren itu sendiri. Kurikulum yang digunakan Pondok Modern Daarul Abror adalah menggunakan kurikulum kombinasi atau perpaduan antara kurikulum Departemen Agama, kurikulum Pendidikan Nasional dan Kurikulum KMI Gontor.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | dinamika pendidikan; penguatan kurikulum pendidikan agama |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hilda Aryani |
| Date Deposited: | 28 Apr 2025 06:19 |
| Last Modified: | 28 Apr 2025 06:19 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3000 |
