Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an melalui metode bana pada anak kelas b1 di TK-Taud Kibar Salsabila Pangkalpinang

Susilawati, Susilawati (2024) Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an melalui metode bana pada anak kelas b1 di TK-Taud Kibar Salsabila Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2012034.pdf] Text
Halaman Awal_2012034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2012034.pdf] Text
BAB I_2012034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2012034.pdf] Text
BAB II_2012034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (573kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2012034.pdf] Text
BAB III_2012034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2012034.pdf] Text
BAB IV_2012034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (726kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2012034.pdf] Text
BAB V_2012034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2012034.pdf] Text
Daftar Pustaka_2012034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :
Pembelajaran metode Bana merupakan metode baca tulis yang praktis, efektif dan efisien yang mudah dipelajari oleh semua anak yang ingin mengenalkan huruf-huruf Al-Qur’an. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perkembangan dan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Bana pada anak kelas B1 di TK-TAUD Kibar Salsabila Pangkalpinang.

Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dengan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru wali kelas B1, anak didik kelas B1 di TK-TAUD Kibar Salsabila Pangkalpinang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Bana pada anak kelas B1 di TK-TAUD Kibar Salsabila Pangkalpinang melalui tahap pelaksanaan pembelajaran, tahap evaluasi, dan menggunakan cacatan perkembangan harian anak. Sedangkan hasil peningkatan perkembangan anak yaitu: 1). Anak mampu menyebut/membaca huruf Hijaiyah Tunggal. 2). Anak mampu menyebut/membaca huruf Hijaiyah Sambung. 3). Anak mampu menyebut/membaca huruf Fathah dan Fathah Tanwin. 4). Anak mampu menyebut/membaca huruf Kasroh dan Kasroh Tanwin. 5). Anak mampu menyebut/membaca huruf Dhommah dan Dhommah Tanwin. Dari 8 anak di kelas B1, peningkatan kemampuan anak dalam membaca buku metode Bana rata-rata semuanya berkembang sangat baik (BSB).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kemampuan membaca Al-Qur’an; metode bana
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: susilawati susilawati
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:10
Last Modified: 28 Apr 2025 02:10
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2999

Actions (login required)

View Item
View Item