Susilawati, Susilawati (2024) Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an melalui metode bana pada anak kelas b1 di TK-Taud Kibar Salsabila Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2012034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2012034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (277kB) | Request a copy
BAB II_2012034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (573kB) | Request a copy
BAB III_2012034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (186kB) | Request a copy
BAB IV_2012034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (726kB) | Request a copy
BAB V_2012034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (90kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2012034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (160kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Pembelajaran metode Bana merupakan metode baca tulis yang praktis, efektif dan efisien yang mudah dipelajari oleh semua anak yang ingin mengenalkan huruf-huruf Al-Qur’an. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perkembangan dan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Bana pada anak kelas B1 di TK-TAUD Kibar Salsabila Pangkalpinang.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dengan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru wali kelas B1, anak didik kelas B1 di TK-TAUD Kibar Salsabila Pangkalpinang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Bana pada anak kelas B1 di TK-TAUD Kibar Salsabila Pangkalpinang melalui tahap pelaksanaan pembelajaran, tahap evaluasi, dan menggunakan cacatan perkembangan harian anak. Sedangkan hasil peningkatan perkembangan anak yaitu: 1). Anak mampu menyebut/membaca huruf Hijaiyah Tunggal. 2). Anak mampu menyebut/membaca huruf Hijaiyah Sambung. 3). Anak mampu menyebut/membaca huruf Fathah dan Fathah Tanwin. 4). Anak mampu menyebut/membaca huruf Kasroh dan Kasroh Tanwin. 5). Anak mampu menyebut/membaca huruf Dhommah dan Dhommah Tanwin. Dari 8 anak di kelas B1, peningkatan kemampuan anak dalam membaca buku metode Bana rata-rata semuanya berkembang sangat baik (BSB).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | kemampuan membaca Al-Qur’an; metode bana |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | susilawati susilawati |
| Date Deposited: | 28 Apr 2025 02:10 |
| Last Modified: | 28 Apr 2025 02:10 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2999 |
