Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Efektivitas bimbingan kelompok menggunakan teknik self-control terhadap perilaku agresif peserta didik di SMP Negeri 1 Sungaiselan

Agustia, Karin (2025) Efektivitas bimbingan kelompok menggunakan teknik self-control terhadap perilaku agresif peserta didik di SMP Negeri 1 Sungaiselan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2015020.pdf] Text
Halaman Awal_2015020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2015020.pdf] Text
BAB I_2015020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2015020.pdf] Text
BAB II_2015020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2015020.pdf] Text
BAB III_2015020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2015020.pdf] Text
BAB IV_2015020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2015020.pdf] Text
BAB V_2015020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (48kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2015020.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2015020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini berangkat dari maraknya peserta didik yang melakukan perilaku agresif seperti mengumpat, berkata kasar, membuat kerusuhan bahkan menghina gurunya sendiri. Pemberian layanan bimbingan dan konseling oleh guru bimbingan konseling sepertinya belum menunjukan hasil yang baik, oleh sebab itu, peneliti melakukan kolaborasi dengan guru BK untuk membantu peserta didik memperbaiki perilaku mereka . Secara khusus penelitian ini dilakukan untuk mengungkap pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-control dalam menurunkan perilaku agresif peserta didik.

Peneliti disini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain quasi experiment. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi. Adapun data analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif paired sample T-test dengan dibantu SPSS 26.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat perilaku agresif peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan nilai rata-rata 224,58 dengan kategori tinggi, dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok memiliki penurunan dengan nilai rata-rata 64,25 dengan kategori rendah. Berdasarkan uji t paired simple T-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak dan nilai t sebesar 108,047 > 0,217, maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: layanan bimbingan kelompok; self-control; perilaku agresif; peserta didik
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Karin Agustia
Date Deposited: 25 Apr 2025 08:12
Last Modified: 25 Apr 2025 08:12
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2995

Actions (login required)

View Item
View Item