Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pemahaman perilaku bullying verbal pada peserta didik Kelas X di SMA Muhammadiyah Pangkalpinang

Adzani, Alifia Nabila (2025) Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pemahaman perilaku bullying verbal pada peserta didik Kelas X di SMA Muhammadiyah Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2015036.pdf] Text
Halaman Awal_2015036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1_2015036.pdf] Text
BAB 1_2015036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2015036.pdf] Text
BAB II_2015036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2015036.pdf] Text
BAB III_2015036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2015036.pdf] Text
BAB IV_2015036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2015036.pdf] Text
BAB V_2015036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2015036.pdf] Text
Daftar Pustaka_2015036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (135kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan
kelompok terhadap pemahaman perilaku bullying verbal pada peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah Pangkalpinang. Bullying verbal merupakan segala bentuk.

penindasan atau kekerasan yang dilakukan secara sengaja oleh satu orang atau
sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus-menerus. Bullying verbal sering dianggap tidak terlalu berbahaya, selain karena dampaknya tidak terlihat secara fisik, orang-orang yang melakukannya sering tidak menyadari telah melakukan bullying verbal.

Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah Pangkalpinang yaitu
menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket pemahaman perilaku bullying verbal, observasi, dan
dokumentasi. Dalam mengolah data penelitian ini menggunakan SPSS versi 26.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perubahan nilai rata-rata skor pretest
dan posttest awalnya 72,5 menjadi 147,3 menunjukkan adanya peningkatan
pemahaman perilaku bullying verbal. Penelitian ini melibatkan populasi 87 peserta didik, dengan sampel 12 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji shapiro-wilk, Hasil uji paired sample T-test menunjukkan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, uji n-gain score nilai mean 2,7622 > 0,7 dan uji hipotesisnya Ho ditolak, Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan kelompok terhadap pemahaman perilaku bullying verbal pada peseta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok; Bullying Verbal; Peserta Didik
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: ALIFIA NABILA ADZANI
Date Deposited: 22 Apr 2025 05:45
Last Modified: 22 Apr 2025 05:45
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2982

Actions (login required)

View Item
View Item