Dela, Dela (2025) Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur'an pada peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Sahabat Qur'an Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2111061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (252kB) | Request a copy
BAB II_2111061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (395kB) | Request a copy
BAB III_2111061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (136kB) | Request a copy
BAB IV_2111061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V_2111061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (125kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (226kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Latar belakang penelitian ini adalah terdapat peserta didik yang sudah bisa membaca Al-Qur'an tetapi belum sesuai dengan makhorijul huruf dan tajwid yang baik dan benar sesuai dengan kaidah membaca Al-Qur'an serta terdapat problematika yang dihadapi oleh guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan tentang penerapan pembelajaran Al-Qur'an metode Ummi pada peserta didik di SDIT Sahabat Qur'an Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah (2) Untuk menganalisis hasil penerapan pembelajaran Al-Qur'an metode Ummi pada peserta didik di SDIT Sahabat Qur'an Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualititatif deskriptif. Adapun subjek penelitian yang terlibat dalam penelitian ini yaitu: Kepala Sekolah, koordinator Al-Qur’an, Guru metode Ummi serta peserta didik di SDIT Sahabat Qur'an Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran Al-Qur'an dengan metode Ummi pada peserta didik di SDIT Sahabat Qur'an Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah sudah sesuai dengan tahapan yang sudah ditentukan sistem pembelajaran metode Ummi foundation tetapi masih terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian dalam proses pembelajarannya. Tahapan tersebut terdiri dari pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan atau keterampilan, evaluasi dan penutup; 2) Hasil pembelajaran Al-Qur'an dengan metode Ummi pada peserta didik di SDIT Sahabat Qur'an Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah dapat meningkatkan kualitas membaca Al-Qur'an peserta didik dan dinilai sangat efektif. Peserta didik mampu mengenal bacaan-bacaan ghorib/musykilat dalam Al-Qur'an dengan tepat, peserta didik mampu mengenal hukum tajwid dengan benar, peserta didik mampu membaca Al-Qur'an dengan fashohah serta peserta didik mampu membaca Al-Qur'an dengan tartil.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | metode ummi; pembelajaran Al-Qur'an |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Dela Dela |
| Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:34 |
| Last Modified: | 22 Apr 2025 04:34 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2980 |
