Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh penggunaan metode pembelajaran ceramah plus terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajarah Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Pangkalpinang

Akbari, Maulida Ulyaa (2025) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran ceramah plus terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajarah Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_2011175.pdf] Text
HALAMAN AWAL_2011175.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2011175.pdf] Text
BAB I_2011175.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2011175.pdf] Text
BAB II_2011175.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2011175.pdf] Text
BAB III_2011175.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2011175.pdf] Text
BAB IV_2011175.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2011175.pdf] Text
BAB V_2011175.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2011175.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2011175.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Pelaksanaan pembelajaran menuntut guru menguasai kelas yang mereka ajarkan agar para siswa tidak merasa bosan selama pembelajaran berlangsung. Hasil belajar siswa merupakan perubahan nilai pada siswa setelah melakukan kegiatan belajar serta dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengetahui apakah pendidikan di sekolah berhasil atau tidak. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan metode ceramah plus yang dilakukan oleh seorang pendidik di dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan guna untuk menciptakan suasana kelas yang menarik dan nyaman agar siswa tidak merasakan bosan ketika proses pembelajaran berlangsung, sehingga akan berpengaruh kepada siswa dan menghasilkan hasil belajar yang baik.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode ceramah plus diskusi dan tugas terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Pangkalpinang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal komparatif. Teknik analisis data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25.0. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A-F Mts Negeri 1 Pangkalpinang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 peserta didik terambil secara acak dari 197 peserta didik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil yakni uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, statistic deskriptif, uji regresi linier sederhana dan uji T.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode ceramah plus (X) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y). Pada persamaan regresi linear sederhana dengan nilai konstanta sebesar 75,416 dan diperoleh koefisien regresi sebesar 0,176, menunjukan bahwa apabila penggunaan metode ceramah plus(X) meningkat “1 %” maka hasil belajar (Y) akan meningkat 0,176. Koefesien regresi tersebut bernilai positif sehingga arah variabel X terhadap variabel Y adalah positif. Semakin besar nilai penggunaan metode ceramah(X) akan semakin mendorong besarnya hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Ceramah plus; Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Maulida Ulyaa Akbari
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:32
Last Modified: 22 Apr 2025 02:32
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2976

Actions (login required)

View Item
View Item