Afridevi, Sonia (2024) Penggunaan media kartu abjad untuk anak disleksia usia 5-6 tahun di TK Nurul Huda Desa Air Lintang Kecamatan Tempilang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2012050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2012050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (190kB) | Request a copy
BAB II_2012050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (216kB) | Request a copy
BAB III_2012050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (102kB) | Request a copy
BAB IV_2012050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (291kB) | Request a copy
BAB V_2012050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (20kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2012050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (149kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Skripsi ini dilatar belakangi oleh anak-anak yang memiliki keterbatasan yaitu diantaranya disleksia, anak masih belum bisa menyebutkan abjad-abjad dengan benar. Ketika anak-anak diminta oleh guru untuk menyebutkan huruf abjad secara bersama-sama hampir semua anak bisa melakukannya. Tetapi, saat satu persatu anak-anak diminta oleh guru untuk menyebutkan abjad-abjad alphabet ternyata masih ada anak yang masih bingung atau sering salah dalam penyebutannya.
Penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian lapangan yang dianalisis dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi di lembaga TK Nurul Huda, sasaran penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru-guru. Kemudian data yang diperoleh peneliti menganalisis dengan deskriptif kualitatif untuk mendapatkan gambaran yang telah ada.
Berdasarkan hasil analisa dalam kegiatan pembelajaran penggunaan media kartu abjad untuk anak disleksia terbagi menjadi tiga bagian, pertama, perencanaan yang mencakup persiapan materi (Modul Ajar, Peta Konsep, Muatan Pembelajaran, Prota), media yang akan digunakan, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan permainan kartu abjad. Kedua, pelaksanaan kegiatan penggunaan media kartu abjad yang mencakup kegiatan awal, inti dan penutup yang dilanjutkan dengan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan media kartu abjad untuk anak disleksia, yaitu anak mampu mengenal abjad yang sulit dibedakan, menambah kosa kata anak, melatih fisik motorik anak, dan anak mampu menyusun abjad menjadi kata yang telah diberikan oleh guru. Kemudian terdapat 5 orang anak yang mengalami peningkatan kemampuan mengenal huruf abjad yang dilakukan sendirinya tanpa bantuan guru. Selain itu, terdapat 1 orang anak belum bisa mampu mengenal huruf abjad tanpa bantuan guru.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | media kartu abjad; anak disleksia |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | sonia Afridevi |
| Date Deposited: | 14 Apr 2025 07:49 |
| Last Modified: | 14 Apr 2025 07:49 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2950 |
