Hayati, Jamilah Nurmala (2025) Pengaruh Literasi Ekonomi Syariah dan Harga Terhadap Prilaku Belanja (Studi pada Masyarakat Muslim Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL - 228102025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I - 228102025.pdf
Download (420kB)
BAB II - 228102025.pdf
Download (810kB)
BAB III - 228102025.pdf
Download (443kB)
BAB IV - 228102025.pdf
Download (871kB)
BAB V - 228102025.pdf
Download (149kB)
DAFTAR PUSTAKA - 228102025.pdf
Download (387kB)
Abstract
Perilaku konsumen dalam Perspektif ekonomi Islam adalah tidak adanya sikap hidup yang berlebih-lebihan (boros) dan tidak pula kikir ( Israf) melainkan adalah ditengah-tengah yang berlandaskan kebutuhan, bukan karena keinginan seseorang. Adapun fokus penelitian ini akan membahas tentang Pengaruh Literasi Ekonomi Syariah dan Harga terhadap perilaku Belanja Masyarakat Muslim Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung.Variabel. Literasi Ekonomi syariah adalah Pengetahuan mendasar mengenai prinsip-prinsip ekonomi dan keuangan (Economic & Financial knowledge) menurut aturan Islam (syariah), serta memiliki keterampilan (financial skill) dan keyakinan (financial confident) dalam mengelola sumber keuangannya (financial behavior) secara tepat guna, untuk mencapai kesejahteraan (well-being) dan keseimbangan dunia dan akhirat sesuai tuntunan agama.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi ekonomi syariah dan harga terhadap perilaku belanja masyarakat Muslim di Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survei. Data dikumpulkan melalui survei atau kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat muslim di Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus slovin. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda.
Adapun hasil Penelitian menurut koefisien determinasi dapat dikertahui bahwa adjustedd R square adalah 0.166 atau sama dengan 16.6%, artinya variabel tingkat literasi dan harga berpengaruh terhadap perilaku belanja sebesae 16,6% sedangkan sisanya 83,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Berdasarkan uji F bahwa nilai Fhitung sebesar 10.836 sedangka Ftabel
diperoleh dari rumus df=-k-1 atau 100-2-1= 97 yaitu sebesar dimana Fhitung>Ftabel atau 10.836 > 2.757 artinya terdapat pengaruh antara literasi dan harga terhadap perilaku belanja.Dan hasil penelitaian menurut Uji T:Variabel tingkat literasi dengan nilai thitung>ttabel atau 1.756>1.290 artinya terdapat pengaruh dengan perilaku belanja online .Dan Variabel tingkat harga dengan nilai thitung>ttabel atau 3.727 >1.290 artinya terdapat pengaruh harga terhadap perilaku belanja online.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Keywords: | perilaku konsumen; literasi ekonomi syariah; harga |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan |
| Divisions: | Pascasarjana > Ekonomi Syariah (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Selpi Egitya |
| Date Deposited: | 26 Mar 2025 03:59 |
| Last Modified: | 26 Mar 2025 03:59 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2942 |
