Tibroni, Ahmad (2025) Pengaruh sertifikasi halal dan stategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan: studi pada usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Belitung. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL - 228102015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (5MB)
BAB I - 228102015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (145kB) | Request a copy
BAB II - 228102015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (250kB) | Request a copy
BAB III - 228102015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (197kB) | Request a copy
BAB IV - 228102015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (308kB) | Request a copy
BAB V - 228102015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (68kB) | Request a copy
DARTAR PUSTAKA - 228102015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (181kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Belitung mengalami peningkatan pesat, namun sebagian besar belum memiliki sertifikasi halal untuk produknya. Kurangnya kesadaran dan pengetahuan mengenai pentingnya label halal serta dampaknya terhadap pelaku usaha menjadi salah satu kendala. Padahal, sertifikasi halal memiliki peran strategis dalam meningkatkan volume penjualan yang berdampak langsung pada pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sertifikasi halal terhadap peningkatan penjualan UMKM di Kabupaten Belitung. Pengaruh strategi pemasaran dalam peningkatan penjualan UMKM. Pengaruh gabungan sertifikasi halal dan strategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan UMKM. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi halal berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan dengan nilai signifikansi sebesar 0,002, serta strategi pemasaran dengan nilai signifikansi 0,001. Korelasi antara sertifikasi halal, strategi pemasaran, dan peningkatan penjualan mencapai 0,240, dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 26,0%. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun sertifikasi halal dan strategi pemasaran memberikan kontribusi terhadap penjualan, terdapat faktor lain yang memengaruhi peningkatan penjualan yang dapat dieksplorasi lebih lanjut.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Keywords: | sertifikasi halal; strategi pemasaran; peningkatan penjualan; UMKM |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi |
| Divisions: | Pascasarjana > Ekonomi Syariah (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Selpi Egitya |
| Date Deposited: | 26 Mar 2025 03:25 |
| Last Modified: | 26 Mar 2025 03:26 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2941 |
