Hidayatulloh, Sarif (2025) Peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Simpangkatis Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011112.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (84kB) | Request a copy
BAB II_2011112.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (152kB) | Request a copy
BAB III_2011112.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (81kB) | Request a copy
BAB IV_2011112.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (217kB) | Request a copy
BAB V_2011112.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (51kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011112.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (79kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Simpangkatis. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Strategi yang digunakan meliputi menciptakan lingkungan belajar yang positif, penggunaan metode pengajaran yang beragam, serta penyesuaian konten, proses, dan produk pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Faktor-faktor internal seperti cita-cita, kemampuan, dan kondisi psikologis peserta didik, serta faktor eksternal seperti dukungan lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat, berperan penting dalam mendorong motivasi belajar.
Kesimpulannya, pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam mengakomodasi perbedaan individu peserta didik dan memberikan dampak positif pada motivasi belajar mereka. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif dan inklusif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | motivasi belajar; pembelajaran berdiferensiasi; pendidikan agama islam |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Sarif Hidayatulloh |
| Date Deposited: | 19 Mar 2025 06:01 |
| Last Modified: | 19 Mar 2025 06:02 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2926 |
