Kurniawan, Rere (2025) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Airgegas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2011051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (330kB) | Request a copy
BAB II_2011051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (295kB) | Request a copy
BAB III_2011051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (351kB) | Request a copy
BAB IV_2011051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (509kB) | Request a copy
BAB V_2011051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (123kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (174kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan penggunaan metode pembelajaran yang seringkali di terapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam yaitu metode ceramah, apabila diterapkan secara terus-menerus akan menyebabkan kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif dan siswa kurang aktif. Kondisi ini akan berakibat pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Berdasarkan fakta yang ada maka perlu dikembangkan model pembelajaran yang menjadikan siswa lebih aktif dan antusias dalam kegiatan belajar mengajar yang akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa kelas V A sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung dan kelas V B sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament. Adapun teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan menggunakan soal sebanyak 25 soal pilihan ganda.
Hasil penelitian ini membuktikan hasil belajar PAI antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran langsung siswa kelas V SD Negeri 1 Airgegas. Hal ini dapat dilihat melalui hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan metode Independent T Test dimana sig. (2 tailed) posttest kelas kontrol sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil posttest kelas kontrol sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, sesuai kriteria pengambilan keputusan yaitu Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan menggunakan perhitungan uji t dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar PAI. Namun, dalam penelitian ini memiliki keterbatasan dalam pelaksanaan yaitu: siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran yang baru, sehingga peneliti harus memberikan perhatikan ekstra untuk mengkondisikan keadaan kelas agar tetap kondusif dan penelitian berjalan dengan lancar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | model pembelajaran; teams games tournament (tgt); hasil belajar PAI |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Rere Kurniawan |
| Date Deposited: | 18 Mar 2025 03:15 |
| Last Modified: | 18 Mar 2025 03:20 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2918 |
