Fatonah, Siti (2024) Pengaruh penerapan metode Asy-Syafi’i terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an anak usia dini di TPA Nurul Huda Dusun Limbung Desa Jada Bahrin. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2012039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_2012039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB II_2012039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
BAB III_2012039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
BAB IV_2012039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
BAB V_2012039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (531kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2012039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (487kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran metode Asy-Syafi'i adalah pendekatan pengajaran membaca Al-Qur'an yang berfokus pada pengenalan huruf-huruf hijaiyah secara sistematis dan terstruktur yang disusun secara ringkas dan sistematis sehingga memudahkan untuk pelajar pemula memahaminya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perkembangan dan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak-anak berusia 5-6 tahun dengan menggunakan metode Asy-Syafi’i di TPA Nurul Huda Dusun Limbung Desa Jada Bahrin.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan menggunakan metode eksperimen. Sebanyak 10 anak di TPA Nurul Huda menjadi subjek penelitian. Peneliti mengukur kemampuan membaca mereka dengan melakukan desai penelitian pretest dan posttest setelah penerapan metode Asy-Syafi’i. Adapun Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Sedangkan Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian dilakukan menggunakan metode korelasi product moment dengan bantuan software SPSS 20, dan uji normalitas dan homogenitas data dilakukan untuk memastikan bahwa data dapat digunakan untuk analisis lebih lanjut..
Hasil uji t-test mengindikasikan bahwa perbedaan antara nilai rata-rata pretest dan posttest adalah signifikansi (p-value) sebesar 0,01, jauh di bawah taraf signifikansi 0,05. Rata-rata skor pretest sebelum penerapan metode adalah 43,11, sedangkan rata-rata skor posttest setelah penerapan metode meningkat menjadi 60,67. Secara spesifik, perkembangan kemampuan membaca terlihat pada aspek pengenalan huruf-huruf hijaiyah, di mana anak-anak mampu mengenali dan membedakan huruf yang mirip, serta kemampuan mereka dalam mengeja dan merangkai huruf menjadi kalimat sederhana. Hal ini menunjukkan bahwa metode Asy-Syafi’i secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an anak-anak.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | metode asy-syafi’i; kemampuan membaca al-qur’an; pendidikan anak |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 100 Filsafat dan psikologi 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | SITI FATONAH |
| Date Deposited: | 05 Mar 2025 07:33 |
| Last Modified: | 05 Mar 2025 07:33 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2875 |
