Pertiwi, Wina (2024) Stimulasi kecerdasan naturalis anak usia 4-5 tahun melalui metode karyawisata di TK Islam Nurul Huda Desa Tempilang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1912069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (856kB)
BAB I_1912069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (576kB) | Request a copy
BAB II_1912069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (629kB) | Request a copy
BAB III_1912069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (329kB) | Request a copy
BAB IV_1912069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (877kB) | Request a copy
BAB V_1912069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (182kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1912069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (385kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran metode karyawisata adalah salah satu metode melaksanakan kegiatan pengajaran anak-anak dengan cara membawa anak langsung ke objek-objek pembelajaran. Anak akan meneliti secara langsung dan memperoleh kesan atas pengamatannya. Untuk membantu proses stimulasi tumbuh kembangnya khususnya pada kecerdasan naturalis yang berkaitan dengan prilaku anak dalam mengeksplorasi lingkungan sekitar baik hewan, maupun tumbuhan. Kecerdasan naturalis adalah kemampuan anak dalam mengenal flora fauna dengan baik dan menikmati lingkungan sekitar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana stimulasi dan hasil stimulasi kecerdasan naturalis anak usia 4-5 tahun melalui metode karyawisata di TK Islam Nurul Huda Tempilang.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian sumber data primer dan sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas B, anak didik kelas B berjumlah 10 orang anak di TK Islam Nurul Huda Tempilang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam stimulasi kecerdasan naturalis anak usia 4-5 tahun melalui metode karyawisata di TK Islam Nurul Huda Tempilang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sedangkan hasil pencapaian anak yaitu: 1). Anak lebih suka berada di luar kelas daripada di dalam kelas. 2). Anak antusias untuk merawat dan memelihara hewan dengan memperhatikan gerak-geriknya. 3). Mengetahui nama hewan dan tumbuhan yang dilihatnya. 4). Tidak takut terhadap binatang pada saat mengajak anak secara langsung terlihat anak tidak menyakiti binatang, dan mendekatinya. 5). Anak mampu merawat tumbuhan yang di tanam dengan merawat, dan menyiram setiap hari tanaman akan tumbuh subur. 6). Anak dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Dari 10 anak terdapat 2 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 8 anak Berkembang Sangat Baik (BSB). Adapun kesimpulan dari penelitian ini dengan menunjukan peningkatan pada saat anak di bawa langsung ke objek pembelajaran rmampur merngernali, mermberdakan, merngurngkapkan terrhadap apa yang anak termurkan dan memperoleh kesan. Karyawisata membuat proses belajar menjadi menyenangkan. Saran dari penelitian ini memberikan motivasi kepada guru dalam menstimulasikan kecerdasan naturalis dapat dilakukan dengan metode karyawisata.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | metode karyawisata; anak-anak; kecerdasan naturalis |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | wina pertiwi |
| Date Deposited: | 05 Mar 2025 07:20 |
| Last Modified: | 05 Mar 2025 07:20 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2873 |
