Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Analisis strategi pemasaran produk tabungan emas terhadap peningkatan jumlah nasabah Unit Pegadaian Syariah Pangkalpinang

Herdian, Ewin (2025) Analisis strategi pemasaran produk tabungan emas terhadap peningkatan jumlah nasabah Unit Pegadaian Syariah Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2031013.pdf] Text
Halaman Awal_2031013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2031013.pdf] Text
BAB I_2031013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2031013.pdf] Text
BAB II_2031013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2031013.pdf] Text
BAB III_2031013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2031013.pdf] Text
BAB IV_2031013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2031013.pdf] Text
BAB V_2031013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2031013.pdf] Text
Daftar Pustaka_2031013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Kesuksesan dalam memasarkan produk yang masih dalam tahap pengembangan tidak terlepas dari efektivitas dan efisiensi strategi yang diterapkan. Strategi pemasaran merupakan suatu rencana yang menyeluruh, terpadu, dan menyatu dibidang pemasaran yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan dalam produk tabungan emas terhadap peningkatan jumlah nasabah pada Unit Pegadaian Syariah Pangkalpinang dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pemasaran yang diterapkan dalam produk tabungan emas terhadap peningkatan jumlah nasabah pada Unit Pegadaian Syariah Pangkalpinang. Sedangkan tujuannya dalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pemasaran yang diterapkan dalam produk tabungan emas pada Unit Pegadaian Syariah Pangkalpinang.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang memandu peneliti untuk mengeksplorasi dan atau memotret situasi yang akan diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis interaktif. Model ini ada empat komponen analisis yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, strategi pemasaran yang diterapkan adalah menggunakan strategi bauran pemasaran yaitu produk (inovasi dari produk emas lain yaitu produk cicil emas), harga (setoran awal terjangkau bagi semua kalangan), tempat (lokasi yang strategis), promosi (penyebaran brosur-brosur, membuka stand di acara tertentu, personal selling, promosi di seminar, dan testimoni dari nasabah). Kedua, faktor pendukung dalam strategi pemasaran adalah minat investasi masyarakat, promosi yang efektif, dan loyalitas nasabah. Sedangkan faktor penghambat dalam strategi pemasaran adalah adanya persaingan dan kurangnya edukasi masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: strategi pemasaran; produk tabungan emas
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Ewin Herdian
Date Deposited: 05 Mar 2025 03:50
Last Modified: 05 Mar 2025 03:50
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2869

Actions (login required)

View Item
View Item