Oktavianti, Rani (2025) Pengaruh islamic branding, online customer review dan price terhadap keputusan belanja mahasiswa di Bangka Belitung tahun 2024 pada aplikasi shopee. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2131030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2131030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (271kB) | Request a copy
BAB II_2131030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (348kB) | Request a copy
BAB III_2131030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (303kB) | Request a copy
BAB IV_2131030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (345kB) | Request a copy
BAB V_2131030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (34kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2131030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (164kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Perkembangan e-commerce di Indonesia semakin pesat, termasuk di kalangan mahasiswa sebagai salah satu segmen konsumen yang aktif berbelanja secara online. Riset yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), menyebutkan bahwa dari segi umur, orang yang menggunakan internet rata-rata mayoritasnya adalah generasi z kelahiran 1997-2012 sebanyak 34,40% dan generasi milenial (kelahiran 1981-1996) sebanyak 30,62%. Faktor-faktor seperti Islamic branding, online customer review dan price menjadi pertimbangan penting dalam pengambilan keutusan belanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic branding, online customer review dan price terhadap keputusan belanja mahasiswa di Bangka Belitung tahun 2024 pada aplikasi shopee. Variabel dalam penelitian ini adalah Islamic Branding (X1), Online Customer Review (X2), Price (X3) dan Keputusan Belanja (Y).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa di Bangka Belitung sebanyak 353 mahasiswa. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik sampel random sampling dan memperoleh sampel sebanyak 353 responden dengan pengukuran skala likert. Data diperoleh dengan melalui program SPSS versi 25.0 dengan teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pengaruh Islamic Branding secara parsial berpengaruh terhadap keputusan belanja dengan nilai thitung (7,832) > ttabel (1,649) atau nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. 2) Pengaruh Online Customer Review secara parsial berpengaruh terhadap keputusan belanja dengan nilai thitung sebesar (7,807) > ttabel (1,649) dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. 3) Pengaruh Price terhadap keputusan belanja secara parsial terhadap Keputusan belanja dengan nilai thitung sebesar (2,466) > ttabel (1,649) dan nilai signifikasi sebesar 0,014 < 0,05. 4) Pengaruh Islamic Branding, Online Customer Review dan Price secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan belanja dengan nilai fhitung 822,250 > ftabel 2,63 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | islamic branding; online customer review; price |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Rani Oktavianti |
| Date Deposited: | 05 Mar 2025 04:16 |
| Last Modified: | 05 Mar 2025 04:16 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2866 |
