Sardi, Sardi (2024) Strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-qur’an di kelas VIII SMP 5 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011193.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (894kB)
BAB I_2011193.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (721kB) | Request a copy
BAB II_2011193.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III_2011193.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (711kB) | Request a copy
BAB IV_2011193.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (922kB) | Request a copy
BAB V_2011193.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (578kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011193.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (576kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Fokus penelitian ini berkenaan dengan strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di kelas VIII SMP 5 Mendo Barat. Adapun tujuan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di kelas VIII SMP 5 Mendo Barat, untuk mengetahui apa saja problematika yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di kelas VIII SMP 5 Mendo Barat, dan untuk mengatahui apa saja faktor penyebab kesulitan membaca Al- Qur’an pada siswa SMP 5 Mendo Barat.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus yaitu sebuah penelitian yang berdasarkan sebuah metodologi dengan menyelidiki suatu fenomena tertentu dengan mendeskripsikan serta menjelaskan dengan kata-kata mengenai fenomena kesulitan membaca Al-Qur’an. Lokasi penelitian di SMP 5 Mendo Barat. Sumber data yang diperoleh adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Objek penelitian yaitu guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, dan siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur, observasi langsung, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data yang diambil dari pedoman observasi langsung, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Kemudian disajikan dan penarikan kesimpulan didasarkan pada fakta-fakta kenyataan yang telah ditemukan dari hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di kelas VIII SMP 5 Mendo Barat yaitu (1) sebelum memulai pembelajaran guru mengidentifikasi bentuk kesulitan pada siswa; (2) kemudian mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan; (3) menggunakan tutor sebaya; dan (4) melakukan pembiasaan hafalan juz 30 surat-surat pendek. Adapun problematika yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di kelas VIII SMP 5 Mendo Barat yaitu waktu yang sedikit dan kekurangan tenaga pendidik. Selanjutnya faktor penyebab kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa yaitu kurangnya pengulangan membaca Al-Qur’an di rumah, lingkungan pergaulan, dan keterbatasan waktu.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | strategi; problematika; faktor penyebab |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Sardi Sardi |
| Date Deposited: | 17 Jan 2025 06:25 |
| Last Modified: | 17 Jan 2025 06:26 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2825 |
