Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh penggunaan pendekatan: contextual teaching and learning CTL pada pembelajaran PAI terhadap hasil belajar di SMP N 2 Kelapa

Martati, Martati (2024) Pengaruh penggunaan pendekatan: contextual teaching and learning CTL pada pembelajaran PAI terhadap hasil belajar di SMP N 2 Kelapa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2011196.pdf] Text
Halaman Awal_2011196.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2011196.pdf] Text
BAB I_2011196.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2011196.pdf] Text
BAB II_2011196.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (604kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2011196.pdf] Text
BAB III_2011196.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2011196.pdf] Text
BAB IV_2011196.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (559kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2011196.pdf] Text
BAB V_2011196.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2011196.pdf] Text
Daftar Pustaka_2011196.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PAI peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kelapa. Hal tersebut dikarenakan beberapa hal seperti : (1) peserta didik kurang aktif pada saat pembelajaran, (2) pembelajaran masih menggunakan pendekatan yang berpusat pada pendidik. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Kelapa dengan menggunakan pendekatan (Contextual Teaching and Learning) CTL.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian yaitu quasi experimental design. Pengumpulan data menggunakan tes yaitu Pre-test dan Post-test. Dalam penelitian ini menggunakan uji instrument penelitian, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan pengujian yang telah dilakukan terhadap hasil tes diperoleh bahwa penggunaan pendekatan (Contextual Teaching and Learning) CTL memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar PAI. Dibuktikan dengan uji hipotesis nilai Post-test yaitu sig. 0,001 < 0,05 sehingga, H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan pendekatan (Contextual Teaching and Learning) CTL pada pembelajaran PAI terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kelapa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: contextual teaching and learning; hasil belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Martati Martati
Date Deposited: 16 Jan 2025 08:47
Last Modified: 16 Jan 2025 08:47
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2820

Actions (login required)

View Item
View Item