Syahrul, Muhammad (2024) Konsep pendidikan humanistik perspektif Al-Qur’an dan relevansinya pada pendidikan karakter di era revolusi industri 5.0. Masters thesis, Imstitut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_228101030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_228101030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (569kB) | Request a copy
BAB II_228101030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (666kB) | Request a copy
BAB III_228101030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (317kB) | Request a copy
BAB IV_228101030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_228101030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (292kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_228101030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (425kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan humanistik dan karakter merupakan proses meningkatkan kemapuan secara bertahap untuk membentuk nilai-nilai sehingga melahirkan individu berkarakter utuh yang menjiwai proses dan formasi setiap manusia atau individu. Pendidikan berfungsi untuk membentuk etika yang baik, humanisasi pribadi, integrasi sosial individu, serta pendidikan merupakan aspek penting dalam mengembangkan individu yang berakhlak mulia dan berdaya saing di era revolusi industri 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana nilai pendidikan humanis perspektif dari Al-Qur’an (2) pendidikan humanis apakah masih relevan dengan sistem pendidikan sekarang dengan menekankan aspek pendidikan karakter era revolusi industri 5.0.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode kepustakaan (library research). Data yang diperoleh dalam tesis ini adalah didapat dari Al-Qur’an dan tafsir kontemporer serta dari beberapa sumber yang terkait dengan masalah humanisme baik itu berupa jurnal ilmiah, artikel ilmiah, media digital yang berkaitan dengan humanisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis).
Hasil temuan penulis menunjukkan: pertama, konsep pendidikan humanistik dalam Al-Qur’an, yaitu: optimalisasi pengembangan akhlak mulia, optimalisasi pengembangan karakter sosial, optimalisasi membangun peradaban di era digital. Beberapa nilai humanis yang terkandung dalam Al-Qur’an yang harus dimplementasikan untuk mewujudkan pendidikan kemanusian, yaitu: Keadilan (Al-‘adalah), Kebebasan (Al-Hurriyah), Kesetaraan (Al-Musawah), Musyawarah (Syura), Toleransi (Tasamuh). Kedua, Pendidikan humanistik memiliki relevansi dengan pendidikan karakter karena pendidikan memandang manusia sebagai suatu kesatuan yang utuh dalam menghargai harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang sempurna untuk diterapkan di zaman yang mengalami krisis etika saat ini. Era revolusi industri 5.0 yang ditandai oleh perkembangan teknologi digital dan perubahan sosial yang cepat, pendidikan karakter memiliki peran kunci dalam membentuk individu yang berakhlak mulia dan mampu menghadapi tantangan zaman. Pendidikan karakter bukan hanya responsif terhadap perkembangan teknologi, tetapi juga sebagai instrumen esensial membentuk individu cerdas teknologi dan berakhlak mulia sesuai kebutuhan masyarakat modern.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Keywords: | humanis; karakter; revolusi industri 5.0 |
| Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam |
| Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Muhammad Syahrul |
| Date Deposited: | 30 Dec 2024 08:52 |
| Last Modified: | 30 Dec 2024 08:52 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2809 |
