Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh layanan informasi dengan menggunakan media audio visual terhadap pemahaman perilaku bullying pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Lubuk Besar Bangka Tengah

Riana, Erva (2024) Pengaruh layanan informasi dengan menggunakan media audio visual terhadap pemahaman perilaku bullying pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Lubuk Besar Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2015039..pdf] Text
Halaman Awal_2015039..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (852kB)
[thumbnail of BAB I_ 2015039.pdf] Text
BAB I_ 2015039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2015039.pdf] Text
BAB II_2015039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2015039.pdf] Text
BAB III_2015039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2015039.pdf] Text
BAB IV_2015039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2015039.pdf] Text
BAB V_2015039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (40kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2015039.pdf] Text
Daftar Pustaka_2015039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini diangkat karena maraknya perilaku bullying pada peserta didik yang melakukan perilaku bullying verbal seperti menjuluki, membentak, meledek, memfitnah, memaki, dan mempermalukan di depan umum. Pemberian layanan informasi yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling sepertinya belum menunjukkan hasil yang baik. Oleh sebab itu, peneliti melakukan kolaborasi dengan guru BK untuk membantu peserta didik memperbaiki perilaku mereka. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh layanan informasi dengan menggunakan media audio visual dalam meningkatkan pemahaman perilaku bullying pada peserta didik.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian Pre-experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Designs. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket pemahaman bullying, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Data analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis uji-T dibantu dengan program SPSS Versi 26.

Berdasarkan hasil analisis, terdapat perubahan nilai total skor pretest dan skor posttest, dari yang awalnya 2.183 menjadi 3.738. Hasil uji-T menunjukkan nilai signifikasi 0,003 (0,003< 0,05) yang artinya layanan informasi melalui media audio visual berpengaruh untuk meningkatkan pemahaman perilaku bullying pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: layanan informasi; media audio visual; perilaku bullying; peserta didik; pre-experimental; one-group pretest-posttest design
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Erva Riana
Date Deposited: 18 Dec 2024 07:35
Last Modified: 18 Dec 2024 07:35
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2804

Actions (login required)

View Item
View Item