Sumarno, Sumarno (2024) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran rumpun PAI di MTs se-Kabupaten Belitung Timur. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_228101039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (3MB)
BAB I_228101039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (635kB) | Request a copy
BAB II_228101039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (784kB) | Request a copy
BAB III_228101039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (652kB) | Request a copy
BAB IV_228101039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (987kB) | Request a copy
BAB V_228101039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (504kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_228101039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (492kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran rumpun PAI di MTs se Kabupaten Belitung Timur, (2) mengetahui strategi dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran rumpun PAI di MTs se Kabupaten Belitung Timur, dan (3) mengetahui dampak dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran rumpun PAI di MTs se Kabupaten Belitung Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field research). Data bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan Kesimpulan, serta validitas data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran rumpun PAI di MTs se Kabupaten Belitung Timur sudah berjalan dengan baik dan penerapannya dilakukan dengan tahap awal (perancang, fasilitator, dan motivator pembelajaran), tahap pelaksanaan (asesmen diagnostik, analisis kurikulum, dan pembelajaran berdiferensiasi konten, proses, produk, lingkungan belajar), serta tahap evaluasi (kesimpulan dan refleksi). (2) Strategi dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran rumpun PAI di MTs se Kabupaten Belitung Timur dibagi menjadi strategi kepala madrasah (meningkatkan kompetensi guru, meningkatkan sarana dan prasarana, menjalin kerjasama, dan supervisi pembelajaran) dan strategi guru (meliputi aspek konten, proses, produk, dan lingkungan belajar) yang keduanya sudah dilaksanakan dengan baik. (3) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran rumpun PAI di MTs se Kabupaten Belitung Timur memiliki dampak positif baik bagi peserta didik maupun guru. Adapun dampak yang dirasakan oleh peserta didik dan guru adalah peserta didik termotivasi, senang mengikuti pelajaran, dan materi pelajaran mudah dipahami sehingga guru memiliki kedekatan dengan peserta didik, merasakan kepuasan dan memiliki motivasi untuk meningkatkan kompetensi serta kreativitas dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | pembelajaran berdiferensiasi; mata pelajaran rumpun PAI |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Sumarno Sumarno |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 04:38 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 04:38 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2783 |