Syubandia, Merly Umu (2024) Pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pemali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (827kB)
BAB I_2011025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (218kB) | Request a copy
BAB II_2011025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (282kB) | Request a copy
BAB III_2011025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (371kB) | Request a copy
BAB IV_2011025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (480kB) | Request a copy
BAB V_2011025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (13kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (148kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Kurikulum merdeka merupakan konsep kurikulum yang menuntut siswa untuk mandiri. Pada kurikulum ini bukan hanya pendidik, namun peserta didik juga dituntut untuk lebih kreatif dan mampu mengembangkan materi pelajaran dalam menyampaikan pembelajaran sehingga masuk ke dalam konsep merdeka belajar. Dengan adanya penerapan kurikulum merdeka dapat menjadi penentu dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar sering kali digunakan sebagai ukuran untuk mengetahui seberapa jauh peserta didik menguasai Pelajaran yang sudah diajarkan. Penulis tertarik melakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pemali.
Metode penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kuantitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Populasi dari penelitian ini yaitu semua peserta didik kelas XI tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 302 peserta didik. Adapun sampel pada penelitian ini adalah 76 sampel dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara persial terdapat pengaruh positif antara pernerapan kurikurlurm merdeka terhadap hasil belajar perndidikan agama islam dan burdi pekerti siswa kerlas XI sebesar 7% dengan interpretasi koefisien determinasi sangat lemah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kurikulum merdeka; hasil belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Umu Syubandia |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 04:26 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 04:29 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2780 |