Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pemali

Syubandia, Merly Umu (2024) Pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pemali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2011025.pdf] Text
Halaman Awal_2011025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (827kB)
[thumbnail of BAB I_2011025.pdf] Text
BAB I_2011025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2011025.pdf] Text
BAB II_2011025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2011025.pdf] Text
BAB III_2011025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2011025.pdf] Text
BAB IV_2011025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2011025.pdf] Text
BAB V_2011025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2011025.pdf] Text
Daftar Pustaka_2011025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Kurikulum merdeka merupakan konsep kurikulum yang menuntut siswa untuk mandiri. Pada kurikulum ini bukan hanya pendidik, namun peserta didik juga dituntut untuk lebih kreatif dan mampu mengembangkan materi pelajaran dalam menyampaikan pembelajaran sehingga masuk ke dalam konsep merdeka belajar. Dengan adanya penerapan kurikulum merdeka dapat menjadi penentu dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar sering kali digunakan sebagai ukuran untuk mengetahui seberapa jauh peserta didik menguasai Pelajaran yang sudah diajarkan. Penulis tertarik melakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pemali.

Metode penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kuantitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Populasi dari penelitian ini yaitu semua peserta didik kelas XI tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 302 peserta didik. Adapun sampel pada penelitian ini adalah 76 sampel dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara persial terdapat pengaruh positif antara pernerapan kurikurlurm merdeka terhadap hasil belajar perndidikan agama islam dan burdi pekerti siswa kerlas XI sebesar 7% dengan interpretasi koefisien determinasi sangat lemah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kurikulum merdeka; hasil belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Umu Syubandia
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:26
Last Modified: 18 Nov 2024 04:29
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2780

Actions (login required)

View Item
View Item