Zilfa, Anelka (2024) Penerapan permainan tradisional ular naga untuk mengembangkan sosial emosional anak usia - 6 tahun di TK Negeri Pembina Bandung Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2012018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (916kB)
Halaman Awal_2012018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (916kB) | Request a copy
BAB I_2012018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (205kB) | Request a copy
BAB II_2012018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (308kB) | Request a copy
BAB III_2012018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (70kB) | Request a copy
BAB IV_2012018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (861kB) | Request a copy
BAB V_2012018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (43kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2012018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (148kB) | Request a copy
Abstract
Sosial emosional harus ditanamkan sejak usia dini. Hal ini sangat penting dilakukan agar anak bisa berinteraksi dengan baik dan juga tidak menyebabkan anak kesulitan saat berinteraksi dengan orang lain. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan permainan tradisional ular naga dalam pengembangan sosial emosional anak dan untuk mengetahui hasil penerapan permainan tradisional ular naga untuk mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Mendo Barat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif di TK Negeri Pembina Mendo Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi yang digunakan dengan mengamati kegitan bermain ular naga untuk mengembangkan sosial emosional pada anak, wawancara untuk mengetahui informasi yang lebih dalam penelitian. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bermain ular naga untuk mengembangkan sosial emosional anak di TK Negeri Pembina Mendo Barat. Adapun langkah-langkah yang di lakukan guru di antaranya: Guru mempersiapkan lokasi an lapangan yang luas untuk bermain ular naga, guru menjelaskan aturan saat bermain ular naga, guru melakukan penilaian pada anak. Adapun hasil Stimulasi sosial emosional anak melalui permainan ular naga pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Mendo Barat, antara lain: anak mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan temanya, anak mampu bergiliran saat bermain, anak mampu bekerjasama, anak mampu menaati aturan saat bermain dan anak mampu mengendalikan emosi saat bermain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Permainan Tradisional Ular Naga, Mengembangkan, Sosial Emosional. |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Anelka Zilfa |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 09:09 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 09:09 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2718 |