Safitri, Yang Nadia Ulfah (2024) Pengaruh model teams games tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1811235.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811235.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (470kB) | Request a copy
BAB II_1811235.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (522kB) | Request a copy
BAB III_1811235.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (708kB) | Request a copy
BAB IV_1811235.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (425kB) | Request a copy
BAB V_1811235.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (196kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811235.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran berlangsung sikap siswa cenderung hanya sebagai pendengar dan kurang terlibat atau berpartisipasi secara aktif (pasif) dalam menggali lebih banyak informasi secara mandiri, kurang memperhatikan materi pembelajaran yang disampaikan guru. Perlu ada upaya guru untuk menarik perhatian siswa yang dapat memberikan umpan balik kepada siswa dengan menggunakan model pembelajaran yang beragam saat ini, salah satunya model TGT.
Pembahasan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan statistik. Sumber primer yang peneliti peroleh dari penelitian ini yaitu guru mata pelajaran pendidikan agama Islam SMP Negeri 4 Pangkalpinang. Sumber sekunder penelitian ini buku, jurnal, artikel, data dari internet, skripsi maupun tesis penelitian yang sebelumnya. Data primer peneliti diambil dari angket atau kuisioner yang diberikan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pangkalpinang. Populasi pada penelitian ini adalah 232 siswa dengan sampel sebesar 62 siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuisioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-T.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Pangkalpinang dengan hasil uji-T pada taraf signifikasi 5% menunjukkan bahwa 0,00 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model TGT; Keaktifan Belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Yang Nadia Ulfah Safitri |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 00:23 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 00:23 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2623 |