Pratiwi, Najwa (2024) Korelasi model pembelajaran quantum teaching pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Muntok. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (7MB)
BAB I_2011075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (283kB) | Request a copy
BAB II_2011075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (251kB) | Request a copy
BAB III_2011075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (561kB) | Request a copy
BAB IV_2011075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (306kB) | Request a copy
BAB V_2011075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (54kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2011075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (189kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini mengenai cara guru mempengaruhi siswa dalam meningkatkan motivasi belajar khususnya pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada korelasi model pemebelajaran Quantum Teaching terhadap prestasi belajar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket skala likert, yang dianalisis menggunakan uji prasyarat analisis, uji korelasi, dan regresi linier. Sedangkan teknik pengolahan datanya menggunakan bantuan program SPSS versi 29.0.
Setelah dilakukan penelitian, didapatkan sebuah kesimpulan bahwa adanya korelasi antara model pembelajaran Quantum Teaching terhadap motivasi belajar (Y) dapat dibuktikan dengan hasil uji korelasi pearson diperoleh Sig <0,01 dengan tingkat signifikansi 0,05 Sebagaimana telah dikemukakan pada hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pada tingkat signifikasi 5% r tabelnya 0,361 jauh lebih kecil dari r hitung 0,386 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. menghasilkan koefisien korelasi (R) 0.149 dengan tingkat korelasi kuat. Kemudian dari nilai koefisien determinasi (R Square) menunjukkan bahwa variabel X berperan sebesar 14,9 % terhadap hasil Y.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | quantum teaching; motivasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Najwa Pratiwi |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 04:01 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 04:01 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2617 |