Fatinah, Delvi (2024) Layanan konseling kelompok melalui pendekatan rasional emotive behavior therapy (rebt) dalam meningkatkan self esteem peserta didik di SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2015059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (664kB)
BAB I_2015059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (134kB) | Request a copy
BAB II_2015059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (212kB) | Request a copy
BAB III_2015059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (331kB) | Request a copy
BAB IV_2015059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (239kB) | Request a copy
BAB V_2015059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (38kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2015059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (115kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Siswa yang memiliki self-esteem rendah merasa tidak puas dengan dirinya, memandang hidup dan berbagai kejadian dalam hidup sebagai hal yang negatif, dan berfikir yang tidak membangun atau merasa tidak mampu membantu diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self esteem siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkalpinang yang rendah sebelum dan sesudah diberikan teknik REBT dalam layanan bimbingan kelompok.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk pre-experimental design. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan dokumentasi dan angket. Adapun analisis data menggunakan uji hipotesis dengan uji T menggunakan metode Paired Samples T-Test.
Berdasarkan hasil menunjukkan bahwa self esteem sebelum diberikan teknik REBT dalam layanan bimbingan kelompok berada dikategori sangat rendah dengan rata-rata 52,3. Setelah layanan bimbingan kelompok mengalami peningkatan menjadi kategori seang dengan rata-rata 92,6. Maka dapat dikaitkan adanya perbedaan Pre-test dan Post-test. Jadi dapat disimpulkan teknik REBT dalam Layanan Bimbingan Kelompok efektif terhadap peningkatan self esteem yang dilihat dari angka probabilitas Asymp. Sig (2-tailed) 0,200 > 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | self esteem; konseling kelompok; REBT |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | delvi fatinah |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 08:57 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 08:57 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2615 |