Hardiansyah, Wico (2023) Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap motivasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas viii di MTS Al Istiqomah Belinyu. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1611032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1611032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (243kB) | Request a copy
BAB II_1611032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (194kB) | Request a copy
BAB III_1611032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (332kB) | Request a copy
BAB IV_1611032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (221kB) | Request a copy
BAB V_1611032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (85kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1611032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (156kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini ialah kurangnya motivasi dari peserta didik kelas VIII MTs Al Istiqomah terhadap pembelajaran yang diikutinya, alasan dari peserta didik pun beragam, namun peneliti menyimpulkan bahwa alas an terkuatnya yaitu guru mata pelajaran Alqur’an hadis dan Fiqih masih menggunakan model dan metode pembelajaran yang sering digunakan ialah metode ceramah dengan media pembelajaran yang seadanya.
Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif semu (quasi-eksperiment) jenis penelitian ini digunakan untuk memprediksi suatu keadaan yang dapat dicapai melalui eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument untuk mengumpulkan data, Hasil pretest dan posttest kemudian diolah dengan SPSS (Stratistical Product And Service Solution). Analisis deskriptif serta uji inferensial berupa uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis statistik. Melalui penilaian pretest dan posttest dapat diketahui tingkat motivasi belajar siswa, sebelum dan sesudah diberikan treatment model pembelajaran contextual teaching and learning. Sehingga dari hasil tersebut dapat diketahui apakah model pembelajaran contextual teaching and learning ini memberikan pengaruh atau tidak kepada motivasi belajar peserta didik
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning membawa pengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil uji hipotesis menggunakan wilcoxon signed ranks test menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 yang artinya < 0,05. Jadi, hipotesis penelitian yaitu H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Adanya Pengaruh Yang Signifikan Antara Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Motivasi Kelas VIII Di MTs Al Istiqomah Belinyu” adalah signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | contextual teaching and learning; motivasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Wico Hardiansyah |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 04:52 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 04:52 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2586 |