Chonita, Tirani (2024) Efektivitas layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama untuk mengurangi perilaku agresif peserta didik kelas VIII MTS NEGERI 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2015033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (852kB)
BAB I_2015033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (596kB) | Request a copy
BAB II_2015033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (689kB) | Request a copy
BAB III_2015033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (877kB) | Request a copy
BAB IV_2015033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (649kB) | Request a copy
BAB V_2015033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (185kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2015033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (404kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku agresif verbal perserta didik. Perilaku agresif adalah bentuk perilaku atau tindakan melukai yang disengaja oleh seseorang atau institusi terhadap orang atau institusi lain yang sejatinya disengaja yang dapat menyakiti orang lain. dengan tujuan untuk pemeliharaan hidup. Perilaku agresif itu sendiri berasal dari proses kognitif yang terganggu, sehingga diharapkan permasalahan peserta didik tersebut bisa dibantu penyelesainya oleh guru dengan lebih mudah yang akhirnya masalah pada penelitian ini adalah terdapat peserta didik yang memiliki perilaku agresif ini tidak mengganggu perkembangan dan pertumbuhanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mengurangi perilaku agresif peserta didik kelas VIII MTs N 1 Pangkalpinang.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode One Group Pre Test Post Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan VIII E berjumlah 63 peserta didik. Adapun pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling, sampel penelitian sebanyak 10 peserta didik kelas VIII D dan 10 peserta didik kelas VIII E dengan teknik analisis data menggunakan uji-t. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan menggunakan skala likert.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku agresif siswa kelas VIII MTs N 1 Pangkalpinang, Rata-rata hasil pretest kelas eksperimen yaitu 186 (kategori tinggi), oleh karena itu perlu diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama. Kondisi perilaku agresif setelah diberikan perlakuan (treadment) jauh berbeda. Berdasarkan rata-rata hasil posttest mengalami penurunan pada dua kelas, yaitu 152 (kategori rendah). Hasil analisis data menggunakan N-Gain Score sebesar 3472, maka dapat diartikan dari kategori tafsiran efektivitas N-Gain Score bahwa di peroleh presentase > 76 yang artinya efektif. Sehingga disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif dalam mengurangi perilaku agresif peserta didik kelas VIII MTs N 1 Pangkalpinang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | bimbingan kelompok; teknik sosiodrama; perilaku agresif |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 361 Kesejahteraan sosial, layanan sosial, bantuan sosial, konseling sosial, bimbingan sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Chonita Tirani |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 06:03 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 06:03 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2562 |