Setiawan, Irwan (2024) Pendidikan Islam perspektif Zakiah Daradjat dan relevansi di era disrupsi. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_228101006-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_228101006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (562kB) | Request a copy
BAB II_228101006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (902kB) | Request a copy
BAB III_228101006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (280kB) | Request a copy
BAB IV_228101006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (517kB) | Request a copy
BAB V_228101006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (291kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_228101006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (299kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Tesis ini mengkaji pemikiran Zakiah Daradjat tentang Guru Pendidikan Agama Islam dan Relevansi di Era Disrupsi. Dilakukan analisis interpretatif menggunakan sumber data primer dan metode analisis komparatif. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami konsep Pendidikan Islam Perspektif Zakiah Daradja. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan nilai-nilai Islam dan relevansinya di era disrupsi. Hal ini penting mengingat eksistensi anak yang sangat tergantung pada proses pendidikan, terutama Pendidikan Agama Islam. Novelty tesis ini terletak pada kesesuaian pemikiran Zakiah Daradjat dengan realitas anak-anak masa kini, serta ketiadaan penelitian sebelumnya yang menyeluruh mengenai konsep tersebut. Signifikansi dari penelitian ini adalah kontribusi dalam pemahaman mendalam terhadap pemikiran Zakiah Daradjat. Dalam konteks pengajaran agama, guru agama perlu memiliki kompetensi untuk membimbing siswa menuju kedewasaan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif data bersumber dari data primer dan data sekunder yang berasal dari buku-buku karangan Zakiah Daradjat dan data-data pendukung yang berasal dari literatur-literatur seperti jurnal maupun karya ilmiah, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi. Metode analisis isi merupakan sebuah metode yang digunakan dalam teknik sistematik untuk menganalisis isi pesan dan mengolah pesan. Pembuatan skala dan item berdasarkan kriteria tertentu untuk pengumpulan data. Data disajikan dalam bentuk deskripsi tentang konsep Pendidikan Islam Perspektif Zakiah Daradjat dan Relevansi di Era Disrupsi.
Hasil penenelitian menunjukan Zakiah Daradjat menekankan pentingnya pembinaan mental dan pembentukan karakter dalam menghadapi perubahan zaman. bahwa pendidikan agama harus mencakup tiga dimensi: aqidah, syariah, dan akhlak. Pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak-anak juga ditekankan oleh Zakiah Daradjat, Zakiah juga menjelaskan Pendidikan agama Islam memiliki peran sentral dalam menanggulangi dan mencegah terjadinya kemerosotan moral pada remaja di Era disrupsi. Perubahan pendekatan pengajaran dan konsep pendidikan harus diubah agar sejalan dengan perkembangan zaman. Konsep pengajaran agama harus digeser yaitu dengan memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang. Tiga aspek sistem pembelajaran yang dapat dikembangkan yakni media pembelajaran, materi pembelajaran dan tenaga pendidik. Media dan materi pembelajaran dapat menggunakan teknologi seperti pembelajaran berbasis media dan online, sedangkan tenaga pendidik perlu meningkatkan kualitasnya terkait pemahaman akan teknologi.
Keywords : Pendidikan Islam, Era-Disrupsi, Zakiah Daradjat
ENGLISH:ISLAMIC EDUCATION PERSPECTIVES OF ZAKIAH DARADJAT AND RELEVANCE IN THE ERA OF DISRUPTION
ENGLISH
This thesis examines Zakiah Daradjat's thinking about the teacher of Islamic religion education and its relevance in the era of disruption. Interpretative analysis is carried out using primary data sources and methods of comparative analysis. The main purpose of this study is to understand the concept of Islamic Education Perspective Zakiah Daradja. This research aims to reveal Islamic values and their relevance in the era of disruption. This is important given the existence of children who are heavily dependent on the educational process, especially Islamic education. The novelty of this thesis lies in the compatibility of Zakiah Daradjat's thinking with the realities of today's children, as well as the absence of previous thorough research on the concept. The significance of this research is its contribution to a deep understanding of Zakiah Daradjat's thinking. In the context of religious instruction, religious teachers need to have the competence to guide students towards maturity.
The research method used in this research is a qualitative method with a descriptive approach of source data from primary data and secondary data derived from the books of Zakiah Daradjat and supporting data from literature such as journals and scientific works, then analyzed using the method of content analysis. Content analysis method is a method that is used in systematic techniques to analyze the content of messages and process messages. Making scales and items based on specific criteria for data collection. The data are presented in the form of descriptions about the concept of Islamic Education Perspective Zakiah Daradjat and Relevance in the Era of Disruption.
The results of the research show that Zakiah Daradjat emphasizes the importance of mental building and character formation in the face of changing times. That religious education should include three dimensions: aqidah, shariah, and akhlak. The importance of the role of parents in educating children was also emphasized by Zakiah Daradjat, Zakiah also explained Islamic religious education has a central role in curbing and preventing the occurrence of moral degradation in adolescents in the era of disruption. Changes in teaching approaches and concepts of education must be changed in line with the developments of the times. The concept of religious teaching has to be shifted, that is to say, using evolving technology. Three aspects of learning systems that can be developed are learning media, learning materials and educational resources. Media and learning materials can use technologies such as media-based and online learning, while educational personnel need to improve their understanding of technology.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | pendidikan Islam; era-disrupsi;zakiah daradjat |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.9 Sejarah Pendidikan, Lokasi Geografis Tertentu Pendidikan, pendidikan komparatif, perbandingan pendidikan, Ahli Pendidikan, Tokoh Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Irwan Setiawan |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 05:24 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 05:24 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2535 |