Rahman, Fathur (2024) Pengembangan Kegiatan Bimbingan Khusus di Pondok Pesantren Nurul Falah Airmesu Timur. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
File gabung fatur rahman.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2081157.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (263kB) | Request a copy
BAB II_2081157.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (428kB) | Request a copy
BAB III_2081157.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (179kB) | Request a copy
BAB IV_2081157.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (381kB) | Request a copy
BAB V_2081157.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (59kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_208157.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (141kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Pondok pesantren Nurul Falah adalah salah satu pesantren yang ada di bangka Tengah yang unggul di bidang esktrakurikuler atau bimbingan khusus terbukti di setiap even-event perlombaan baik di Tingkat Kota, Provinsi, bahkan nasional selalu mendapatkan prestasi atau juara, bahkan sering mendapatkan juara umum. Penulis tertarik ingin mengetahui, meneliti lebih mendalam bagaimana pola pengembangan kegiatan bimbingan khusus, bagaimana model dan strategi pengembangan kegiatan bimbingan khusus dan faktor pendukung dan hambatan kegiatan bimbingan khusus tersebut dengan mengambil judul pengembangan kegiatan bimbingan khusus di pondok pesantren nurul falah airmesu timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola, model, dan faktor yang mendukung dan menghambat pengembangan kegiatan bimbingan khusus di Pondok pesantren Nurul Falah Airmesu Timur.
Subjek penelitian ini adalah Pimpinan Pondok dan Pembina Bimbingan khusus Pondok Pesantren Nurul Falah Airmesu Timur, sebagai informan adalah santri dan tata usaha pondok Pesantren Nurul Falah Airmesu Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengembangan kegiatan bimbingan khusus di pondok pesantren nurul falah menggunakan model pendekatan kekeluargaan, keikhlasan, dan pembiasaan. Proses pengembangan kegiatan bimbingan khusus yang telah di laksanakan membentuk kreatifitas santri, hal ini dapat dilihat dari kemauan tinggi dari siswa dalam mengikuti perlombaan yang diadakan oleh pesantren, kemudian kendala yang dihadapi dalam pengembangan kegiatan bimbingan khusus di pondok pesantren nurul falah airmesu timur terdapat pada keterbatasan alokasi waktu, pendanaan serta sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | pengembangan; bimbingan khusus |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Fathur Rahman |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 09:21 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 09:21 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2532 |