Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik round table terhadap hasil belajar siswa pada materi surga dan neraka di kelas IV MI Al Fatah

Pratama, Muhammad Erlangga (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik round table terhadap hasil belajar siswa pada materi surga dan neraka di kelas IV MI Al Fatah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1711103.pdf] Text
Halaman Awal_1711103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (946kB)
[thumbnail of BAB I_1711103.pdf] Text
BAB I_1711103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1711103.pdf] Text
BAB II_1711103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1711103.pdf] Text
BAB III_1711103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (534kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1711103.pdf] Text
BAB IV_1711103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1711100.pdf] Text
BAB V_1711100.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1711103.pdf] Text
Daftar Pustaka_1711103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Diambilnya permasalahan ini berdasarkan pengamatan penulis ketika melihat proses belajar mengajar di MI Al Fatah Dalil. yang mana dalam pengamatan tersebut penulis menemukan metode pembelajaran yang digunakan di MI Al Fatah Dalil masih kurang efektif, hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya para siswa yang mendapat nilai dibawah rata-rata ketika mengikuti evaluasi pembelajaran, dan masih banyak para siswa yang tidak aktif ketika mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu penulis ingin mencoba melihat apakah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik round table ini dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV materi surga dan neraka di MI Al Fatah Dalil atau tidak.

Metode penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian eksperimen dengan dua variabel, yaitu variabel terikat dan variabel bebas, yang mana variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa, dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran kooperatif teknik round table. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen karena penulis ingin menguji coba penerapan model pembelajaran kooperatif teknik round table dalam pembelajaran Akidah Akhlak materi surga dan neraka di MI Al Fatah Dalil.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik round table ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari terjadinya peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif teknik round table. Yang mana dapat kita ketahui bahwa dalam penelitian ini hanya 1 siswa yang belum berhasil mencapai KKM ketika model pembelajaran kooperatif teknik round table ini selesai diterapkan, yaitu dengan rata-rata 85,00, hal ini sangat baik jika dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak diterapkannya model pembelajaran kooperatif teknik round table yang hanya mendapatkan nilai rata-rata sebesar 57,69. Tidak hanya itu dilihat dari hasil uji t nya menunjukan bahwa nilai signifikansinya < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara diterapkannya model pembelajaran kooperatif teknik round table dengan tidak diterapkannya model pembelajaran kooperatif teknik round table.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: model pembelajaran kooperatif teknik round table; materi surga dan neraka
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Muhammad Erlangga Pratama
Date Deposited: 30 Oct 2024 03:45
Last Modified: 30 Oct 2024 14:21
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2531

Actions (login required)

View Item
View Item