Afrilia, Revi (2019) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN Insan Cendekia Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _1511125.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _1511125.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (254kB)
BAB II _1511125.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (315kB)
BAB III_1511125.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (113kB)
BAB IV _1511125.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (431kB)
BAB VI _1511125.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (91kB)
DAFTAR PUSTAKA _1511125.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (221kB)
Abstract
Diambilnya permasalahan ini bahwa MAN Insan Cendekia Bangka
Tengah merupakan salah satu sekolah yang memiliki banyak prestasi yang dicapai oleh peserta didiknya dan prestasi yang dicapai oleh peserta didik MAN Insan Cendekia Bangka Tengah tidak terlepas dari peran kepala sekolah dan kinerja guru. Di samping itu untuk menampilkan kinerja guru yang baik, pihak MAN Insan Cendekia Bangka Tengah menyadari betul tentang pentingnya upaya untuk meningkatkan kinerja guru dalam peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Peneliti melaksanakan penelitiannya yang berfokus pada permasalahan bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru serta faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja guru.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis untuk memperoleh hasil tentang permasalahan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN Insan Cendekia Bangka Tengah terdiri dari empat indikator ialah: pembinaan disiplin, pembangkitan motivasi, penghargaan, dan melakukan pelatihan atau bimbingan teknik. Adapun faktor pendukung kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN Insan Cendekia Bangka Tengah ialah: input guru dan siswa yang sudah baik dan adanya dukungan serta komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah, masyarakat, kementerian agama maupun kementerian lainnya. Sedangkan faktor penghambat ialah: sering terjadi pergantian SDM, terhambatnya anggaran dari pemerintah yang tidak begitu besar, dan fasilitas yang belum lengkap
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kepemimpinan; Kepala Sekolah; Kinerja Guru |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Esti Kurniawati |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 01:28 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 01:28 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/253 |