Sapitra, Rapi (2020) Pengaruh keterampilan berbicara bahasa arab terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santri kelas IX Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Puding Besar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _1411027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I _1411027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (241kB)
BAB II _1411027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (326kB)
BAB III _1411027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (586kB)
BAB IV _1411027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (547kB)
BAB V _1411027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (312kB)
DAFTAR PUSTAKA _1411027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (222kB)
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai pengaruh keterampilan berbicara bahasa Arab terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santri kelas IX Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Puding Besar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keterampilan berbicara bahasa Arab terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santri kelas IX Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Puding Besarserta untuk mengetahui seberapa besar pengaruhkemampuan menghafal Al-Qur’an santri kelas IX Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Puding Besar
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS 22.0.
Hasil yang diperoleh dari penelitian pengaruh keterampilan berbicara bahasa Arab terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santri kelas IX Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Puding Besar adapun pada keterampilan berbicara bahasa Arab terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an berjumlah 3.403 dan untuk jumah responden 45 Santri adalah 1,679.
Jika kita bandingkan maka hasilnya adalah 3.403>1,679 ini berarti hipotesis yang sudah dirumuskan sebelumnya adalah Ha diterima dan Ho ditolak yang berbunyi terdapat pengaruh keterampilan berbicara bahasa Arab terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara keterampilan berbicara bahasa Arab (X) terhadap kemampuan menghafal Al- Qur’an santri kelas IX Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Puding Besar (Y) yang menunjukkan 0.461. yang artinya antara variabel keterampilan berbicara bahasa Arab terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an terdapat hubungan yang cukup tinggi, yaitu sebesar 0.461
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan Berbicara Bahasa Arab; Kemampuan Menghafal Al-Qur’an |
Subjects: | 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 490 Bahasa-bahasa lain > 492 Bahasa-bahasa Afro-Asia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Esti Kurniawati |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 02:08 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 02:08 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/252 |