Gunandar, Alvhi Sahkrin (2024) Implementasi Kepemimpinan Pendidikan Pesantren: Kajian Pemikiran Kepemimpinan K.H. Imam Zarkasyi. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_218101001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_218101001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (151kB) | Request a copy
BAB II_218101001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (268kB) | Request a copy
BAB III_218101001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (114kB) | Request a copy
BAB IV_218101001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (448kB) | Request a copy
BAB V_218101001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (50kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_218101001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (195kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan menganalisis kepemimpinan K.H. Imam Zarkasyi (1) Untuk mengetahui gaya kepemimpinan pendidikan pesantren K.H. Imam Zarkasyi (2) Untuk mengetahui strategi kepemimpinan pendidikan pesantren K.H. Imam Zarkasyi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan (library research). Data bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, yaitu dengan mengumpulkan data melalui buku tertulis (text book) berupa arsip-arsip, buku tentang pendapat, teori dan hukum. Adapun teknik analisis datanya menggunakan metode analisis isi (content analysis).
Dari hasil penelitian ini ditemukan (1) Gaya kepemimpinan yang digunakan oleh K.H. Imam Zarkasyi adalah dengan menggabungkan 3 gaya yaitu gaya demokratis, karismatik, dan transformasional. Ketiga gaya tersebut saling keterkaitan dan membentuk kepemimpinan yang ideal.
(2) Strategi kepemimpinan yang diterapkan oleh K.H. Imam Zarkasyi di Pondok Modern Darussalam Gontor dengan melakukan benchmarking dari empat lembaga pendidikan terkenal dunia. Kemudian K.H. Imam Zarkasyi melakukan pembaruan pada sistemnya yaitu pembaruan sistem pendidikan madrasah, sistem pendidikan pesantren, dan sistem kelembagaan. (a) Pembaruan sistem pendidikan madrasah yaitu dengan memilih KMI (Kulliyatul Mu'allimin al-Islamiyah) sebagai sistem dan kurikulum madrasah serta pembaruan pada sistem pengajarannya. (b) Pembaruan sistem pendidikan pesantren yaitu terjadi perubahan pada sistem pengajaran metode bahasa dan kitab kuning. (c) Pembaruan sistem kelembagaan yaitu pembaruan pada pengelolaan Badan Wakaf, pendirian Perguruan Tinggi, serta bagaimana pengaruh alumni untuk strategi pemasaran sehingga lembaga dengan mudah dikenal karena output yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | k.h. imam zarkasyi; pemikiran pendidikan; pendidikan pesantren |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.6 Organisasi dan Manajemen Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Alvhi Sahkrin Gunandar |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 08:11 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 08:11 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2517 |