Ramadiani, Aziza (2024) Pengaruh interaksi edukatif guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Riau Silip semester ganjil 2023/2024. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (516kB) | Request a copy
BAB II_1811027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (530kB) | Request a copy
BAB III_1811027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (564kB) | Request a copy
BAB IV_1811027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (452kB) | Request a copy
BAB V_1811027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (153kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1811027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (410kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Penelitian ini dilakukan karena masih kurangnya interaksi edukatif antara guru PAI dan siswa, sehingga dapat berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh interaksi edukatif guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Riau Silip
Jenis penelitian ini adalan penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 1 Riau Silip. Dengan jumlah sampel sebanyak 62 siswa pada kelas X, adapun teknik pengambilan sampel yang digunaan adalah teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, menggunakan bantuan SPSS versi 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi edukatif guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Riau Silip. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t yaitu thitung > ttabel yaitu 39,08 > 1.670 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Pada persamaan regresi linier sederhana diperoleh nilai a sebesar 48,865 dan nilai b sebesar 0,321, dalam hal ini menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi bernilai positif. Untuk koefisien determinasi (R Square) menunjukkan nilai sebesar 0,230. Sehingga dapat diartikan bahwa interaksi edukatif guru PAI memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 20,3%, sedangkan sisanya 79,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel bebas dan terikat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | interaksi edukatif guru pendidikan agama islam; prestasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Aziza Ramadiani |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:09 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 02:09 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2440 |