Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap keaktifan belajar siswa analisis kuasi eksperimen pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA Negeri 1 Airgegas

Septiana, Ariani (2024) Model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap keaktifan belajar siswa analisis kuasi eksperimen pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA Negeri 1 Airgegas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2011173.pdf] Text
Halaman Awal_2011173.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2011173.pdf] Text
BAB I_2011173.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2011173.pdf] Text
BAB II_2011173.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2011173.pdf] Text
BAB III_2011173.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2011173.pdf] Text
BAB IV_2011173.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2011173.pdf] Text
BAB V_2011173.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2011173.pdf] Text
Daftar Pustaka_2011173.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan belajar siswa sebelum ada perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa setelah ada perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) kelas XI di SMA Negeri 1 Airgegas. Kemudian manfaat penelitian ini adalah bagi Guru penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dan motivasi serta menambah wawasan yang luas dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah. Bagi siswa dapat terciptanya suasana belajar yang lebih menarik, menyenangkan dan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa Bagi Peneliti, Penelitian ini dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan yang baru tentang model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu Quasi Eksperimental Dalam pernerlirtiran irnir Quasi Eksperimental yang dirgunakan yairtu Nonerquirvalernt Control Group Dersirgn. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 54 siswa. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum ada perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pembelajaran masih bersifat konvesional yang hanya fokus metode ceramah dan penugasan. Siswa disni telihat kurang antusias dalam belajar, siswa merasa bosan dan jenuh karena pembelajaran cenderung masih pasif. Adapun setelah ada perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match memberikan hasil yang tinggi karena pembelajaran siswa menjadi lebih aktif dan siswa berantusias untuk mencari pasangan kartu serta bersemangat untuk mencocokkan pasangan kartu. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa setelah ada perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Sehingga suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, semangat dan menarik bagi siswa.

Posisi penelitian ini sama dengan penelitian Atik dina sabila anjani, Laelatul mubayyinah, Laila Rahima, dan Asriani mereka mengatakan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa, dapat memberikan dorongan dan semngat, serta memberikan rasa senang dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berbeda dengan penelitian Sifiyaturrahmah, Muhlisin, Khoirun Ni’mah dan Ika Susparini mereka mengatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning, jigsaw, role playing dan discovery learning adalah model pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Sesungguhnya segala model pembelajaran dapat mengaktifkan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: model pembelajaran; make a match; keaktifan belajar siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Ariani Septiana
Date Deposited: 19 Sep 2024 06:05
Last Modified: 19 Sep 2024 06:05
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2350

Actions (login required)

View Item
View Item