Nazilah, Nazilah (2019) Pelaksanaan metode muraja’ah dalam menjaga hafalan Alquran pada santri di Ma’had Tahfiz Hidayatul Qur’an desa Puding Besar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _1411024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I 1411024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (252kB)
BAB II 1411024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (486kB)
BAB III 1411024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (318kB)
BAB IV 1411024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (379kB)
BAB V 1411024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (199kB)
DAFTAR PUSTAKA 1411024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (215kB)
Abstract
Diambilnya Permasalahan dalam penelitian ini adalah: ketika santri mengulang hafalan dan menyetor hafalan, banyak santri yang lupa akan hafalannya, dan juga bacaan mereka menjadi tidak lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode muraja’ah santri, dan untuk mengetahui faktor penghambat pelaksanaan metode muraja’ah tersebut.
Menghafal Alquran bukanlah suatu pekerjaan yang sangat mudah. Dalam menghafal Alquran diperlukan metode yang efektif. Metode muraja’ah merupakan metode mengulang hafalan. Metode tersebut dapat membantu menjaga hafalan santri. Metode dalam penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan metode muraja’ah di Ma’had Tahfiz Hidayatul Qur’an Desa Puding Besar. Pertama, pelaksanaan yang dilakukan dengan berdoa bersama, mengulang hafalan yang telah hafal sebagai pemanasan, Kedua menyetorkan hafalan dengan ustaz maupun ustazah, Ketiga, mengulang hafalan lama dengan ustaz/ustazah maupun dengan teman. Adapun Faktor penghambat pelaksanaan metode muraja’ah dalam menjaga hafalan Alquran pada santri di Ma’had Tahfiz Hidayatul Qur’an Desa Puding Besar yaitu rasa malas, manajemen waktu, kelelahan, kesehatan, motivasi, istiqamah dan lingkungan tempat menghafal dan faktor pendukung dalam menghafal Alquran yaitu motivasi dari orang tua, diri sendiri, keluarga, teman dan ustaz/ustazah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | menghafal Al-Quran; metode muraja’ah |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Hilda Aryani |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 03:44 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 08:40 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/233 |