Cahni, Cahni (2024) Meningkatkan kepercayaan diri anak melalui metode bernyanyi pada anak A2 di PAUD Al-Iman Manunggal Desa Beluluk Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1912011-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (812kB)
BAB I_1912011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (427kB) | Request a copy
BAB II_1912011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (474kB) | Request a copy
BAB III_1912011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (424kB) | Request a copy
BAB IV_1912011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_1912011-1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (186kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1912011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (399kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya karakter kepercayaan diri pada anak usia dini. Metode bernyanyi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan karakter kepercayaan diri pada anak, dengan cara tertentu yang sudah direncanakan oleh guru dan diterapkan secara rutin metode bernyanyi kepada anak, perlahan akan terbentuk karakter kepercayaan diri pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak melalui metode bernyanyi pada anak A2 di PAUD Al-Iman Manunggal Desa Beluluk.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan atau (field research), dimana dalam mengumpulkan data dilakukan secara langsung dari lapangan. Sedangkan metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang dilakukan peneliti menggunakan metode triangulasi, teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kepercayaan diri anak melalui metode bernyanyi pada anak A2 di PAUD Al-Iman Manunggal Desa Beluluk dilakukan dengan beberapa tahap yaitu Pertama, guru menyiapkan lagu utama yang akan dinyanyikan sesuai dengan tema pembelajaran untuk satu minggu kedepan. Kedua, guru rutin menerapkannya. Ketiga, guru selalu memberikakan rasa aman saat anak memberikan pendapat lagu apa yang ingin anak nyanyikan. Terakhir, guru melakukan evaluasi apakah metode bernyanyi yang diterapkan berhasil atau tidak. Disimpulakan bahwa hasil penelitian ini dapat meningkatkan karakter kepercayaan diri, diiringi dengan berkembangnya variable pendukung terbentuknya karakter percaya diri, seperti anak percaya dan yakin dengan kemapuan yang dimilikinya, anak tidak bergantung pada orang lain, anak bersifat optimis dan gembira, anak mampu bersosialisasi dengan baik, anak dapat mengekspresikan segala pendapat dan isi hatinya, anak mampu mengungkapkan emosi, serta berkembangnya karakter kepercayaan diri pada anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | karakter percaya diri; metode bernyanyi |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Cahni Cahni |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 09:08 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 09:08 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2306 |