Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengembangan kecerdasan logika Matematika pada anak usia 4-5 tahun melalui permainan tradisional congklak di PAUD Bougenville Desa Kapuk

Sintia, Sintia (2024) Pengembangan kecerdasan logika Matematika pada anak usia 4-5 tahun melalui permainan tradisional congklak di PAUD Bougenville Desa Kapuk. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1812060.pdf] Text
Halaman Awal_1812060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (920kB)
[thumbnail of BAB I_1812060.pdf] Text
BAB I_1812060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1812060.pdf] Text
BAB II_1812060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (548kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1812060.pdf] Text
BAB III_1812060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1812060.pdf] Text
BAB IV_1812060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (729kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1812060.pdf] Text
BAB V_1812060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1812060.pdf] Text
Daftar Pustaka_1812060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Perkembangan zaman tidak terlepas dari perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi yang juga semakin pesat perkembangannya seperti handphone, komputer dan permainan modern. Permainan yang diberikan harus mempunyai makna untuk anak, seperti melalui permainan tradisional. Dalam permainan tradisional tidak hanya menstimulus perkembangan fisik anak saja, tetapi seluruh aspek perkembangan atau kecerdasan dapat di stimulus melalui permainan tradisional ini seperti kecerdasan logika matematika, linguistik, interpersonal, intrapersonal, kinestetik, visual spasial, musik, naturalistik, dan kecerdasan spiritual. Adapun diambilnya permasalahan ini berdasarkan kenyataan yang terjadi di lapangan, bahwa guru yang memberikan pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan logika matematika anak tidak sesuai dengan tahapan usia anak sehingga membuat anak jenuh, bosan dan bahkan mengabaikan pembelajaran, karena media yang digunakan kurang menarik bagi anak, juga kurangnya minat anak terhadap permainan yang diberikan oleh guru, dan kurangnya pengetahuan guru terhadap metode permainan yang dapat mengembangkan kecerdasan logika matematika anak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengembangan kecerdasan logika matematika pada anak usia 4-5 tahun melalui permainan tradisional congklak di PAUD Bougenville Desa Kapuk. Penelitian ini merupakan hasil kajian rumusan masalah yaitu pertama, bagaimana penerapan pengembangan kecerdasan logika matematika pada anak usia 4-5 tahun melalui permainan tradisional congklak di PAUD Bougenville Desa Kapuk. Kedua, bagaimana hasil pengembangan kecerdasan logika matematika pada anak usia 4-5 tahun melalui permainan tradisional congklak di PAUD Bougenville Desa Kapuk. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahap pelaksanaan kegiatan bermain congklak, yaitu guru menyiapkan alat permainan congklak beserta dengan biji-bijian yang akan digunakan dalam kegiatan bermain congklak, guru memberikan gambaran permainan congklak yang akan dimainkan, guru menjelaskan dan memberikan contoh bermain congklak, guru membagikan kelompok, guru melakukan pengamatan pada anak saat bermain congklak, dan guru melakukan evaluasi dalam pengembangan kecerdasan logika matematika anak melalui kegiatan bermain congklak. Hasil pengembangan kecerdasan logika matematika pada anak usia 4-5 tahun melalui permainan tradisional congklak di PAUD Bougenville Desa Kapuk terlihat hampir semua anak sudah mampu berhitung saat bermain congklak, anak mampu bertanya kepada guru saat kesulitan bermain congklak, anak mampu memecahkan suatu masalah dalam menyelesaikan permainan congklak, dan anak mampu menjelaskan tentang konsep banyak dan sedikit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: anak usia dini; kecerdasan logika matematika; permainan tradisional congklak
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 793 Permainan dalam ruangan, hiburan dalam ruangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Sintia Sintia
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:28
Last Modified: 03 Sep 2024 01:28
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2304

Actions (login required)

View Item
View Item