Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Kecerdasan emosional anak usia dini perspektif Daniel Goleman

Safitri, Sindi (2024) Kecerdasan emosional anak usia dini perspektif Daniel Goleman. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2012010.pdf] Text
Halaman Awal_2012010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (737kB)
[thumbnail of BAB I_2012010.pdf] Text
BAB I_2012010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2012010.pdf] Text
BAB II_2012010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2012010.pdf] Text
BAB III_2012010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2012010.pdf] Text
BAB IV_2012010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2012010.pdf] Text
BAB V_2012010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (23kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2012010.pdf] Text
Daftar Pustaka_2012010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:

Permasalahan ini berdasarkan hasil pengamatan terhadap apa yang terjadi dalam lingkungan pendidikan maupun masyarakat yang berhubungan dengan kecerdasan emosional anak usia dini, maka dari itu kecerdasan emosional sangat penting bagi anak untuk menjadi individu yang sukses dan bahagia, karena kecerdasan emosional ini sangat berperan dalam kehidupan anak dan juga berperan besar dalam menentukan keberhasilan anak. Oleh karena itu, dalam hal ini penulis melihat sisi terdalam dari konsep kecerdasan emosional yang ditawarkan oleh Daniel Goleman, sehingga setelah memahami konsep yang ditawarkan Daniel Goleman ini, pembaca akan dapat mengelola perasaan yang dimiliki sehingga dapat mengekspresikan secara tepat dan efektif dalam kehidupannya. Daniel Goleman telah memberikan sumbangan yang cukup luar biasa mengenai kecerdasan emosional yang tepat digunakan untuk anak usia dini dengan adanya memperhatikan beberapa hal-hal penting dalam penggunaan kecerdasan emosi agar tepat dan berhasil.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis kecerdasan emosional anak usia dini perspektif Daniel Goleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan interpretatif dan juga kualitatif deskriptif. Data penelitian yang diperoleh dari berbagai sumber yang relevan dengan penelitian. Sumber utama dalam penelitian ini yakni tulisan Daniel Goleman tentang Emotional Intelligence dalam bentuk terjemahannya Kecerdasan Emosional yang diterjemahkan oleh T.Hermaya cetakan tahun 1998. Kemudian, setelah semua datanya terkumpul dilakukan cross check dan pengelompokan sesuai sistematika penelitian, selanjutnya pada bab analisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis ke-5 komponen dari kecerdasan emosional anak usia dini perspektif Daniel Goleman ini diantaranya: kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial. Kelima komponen tersebut sangat relevan diterapkan kepada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kecerdasan emosional; anak usia dini; daniel goleman
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Sindi Safitri
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:32
Last Modified: 02 Sep 2024 06:32
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2298

Actions (login required)

View Item
View Item