Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap anak berkebutuhan khusus (Tunagrahita sedang) di SDLB Negeri Pangkalpinang

Setia Ningsih, Erika (2019) Strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap anak berkebutuhan khusus (Tunagrahita sedang) di SDLB Negeri Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL _1511038.pdf] Text
HALAMAN AWAL _1511038.pdf - Accepted Version

Download (5MB)
[thumbnail of BAB I  _1511038.pdf] Text
BAB I _1511038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[thumbnail of BAB II _1511038.pdf] Text
BAB II _1511038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[thumbnail of BAB III  _1511038.pdf] Text
BAB III _1511038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[thumbnail of BAB IV  _1511038.pdf] Text
BAB IV _1511038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[thumbnail of BABI V _1511038.pdf] Text
BABI V _1511038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA 1511038.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA 1511038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)

Abstract

Fokus penelitian ini berkenan dengan strategi guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap anak tunagrahita sedang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru PAI untuk memberikan informasi tambahan tentang kendala yang guru hadapi terhadap anak tunagrahita sedang. Strategi guru dapat dimaknai sebagai perencanaan guru dalam kegiatan belajar mengajar

Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kulitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang memandang objek sebagai sesuatu yang dinamis, dan mendeskriptifkan suatu fenomena-fenomena apa adanya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, Dengan menggunakan teknik analisis data. Sehingga peneliti menentukan kesimpulan yang merupakan jawaban dari rumusan masalah

Hasil penelitian, guru menggunakan strategi Active Learning, contextual Teacing Learning (CTL) dengan menambahkan berbagai metode dan media pembelajaran sebagai penunjang dalam pembelajaran. Ada dua faktor kendala yang guru hadapi terhadap anak tunagrahita sedang yang pertama, faktor internal yang terdiri dari profesionalisme guru dan interaksi terhadap anak Tunagrahita sedang. Kedua, faktor eksternal yang terdiri dari kondisi peserta didik dan fasilitas yang berada disekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Anak Tunagrahita sedang
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Randa Wicaksono
Date Deposited: 16 Mar 2023 08:05
Last Modified: 16 Mar 2023 08:05
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item
View Item