Setia Ningsih, Erika (2019) Strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap anak berkebutuhan khusus (Tunagrahita sedang) di SDLB Negeri Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _1511038.pdf - Accepted Version
Download (5MB)
BAB I _1511038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (192kB)
BAB II _1511038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (219kB)
BAB III _1511038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (106kB)
BAB IV _1511038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (444kB)
BABI V _1511038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (54kB)
DAFTAR PUSTAKA 1511038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (55kB)
Abstract
Fokus penelitian ini berkenan dengan strategi guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap anak tunagrahita sedang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru PAI untuk memberikan informasi tambahan tentang kendala yang guru hadapi terhadap anak tunagrahita sedang. Strategi guru dapat dimaknai sebagai perencanaan guru dalam kegiatan belajar mengajar
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kulitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang memandang objek sebagai sesuatu yang dinamis, dan mendeskriptifkan suatu fenomena-fenomena apa adanya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, Dengan menggunakan teknik analisis data. Sehingga peneliti menentukan kesimpulan yang merupakan jawaban dari rumusan masalah
Hasil penelitian, guru menggunakan strategi Active Learning, contextual Teacing Learning (CTL) dengan menambahkan berbagai metode dan media pembelajaran sebagai penunjang dalam pembelajaran. Ada dua faktor kendala yang guru hadapi terhadap anak tunagrahita sedang yang pertama, faktor internal yang terdiri dari profesionalisme guru dan interaksi terhadap anak Tunagrahita sedang. Kedua, faktor eksternal yang terdiri dari kondisi peserta didik dan fasilitas yang berada disekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Anak Tunagrahita sedang |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 08:05 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 08:05 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/229 |